Pendaftaran Diri

​Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).
 
Untuk itu setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sangat diharapkan untuk melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di negara yang dikunjungi.
 
Lapor diri pada Perwakilan RI setempat sangat besar manfaatnya. Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Namun, apabila terjadi hal yang tidak diharapkan pada diri seorang WNI, maka tentunya akan jauh lebih mudah bagi Perwakilan RI (dalam hal ini Bagian Konsuler) setempat untuk membantunya jika WNI tersebut sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI. Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah, cepat dan tidak dipungut bayaran apapun.
 
Pelayanan Lapor Diri ONLINE diprioritaskan bagi WNI yang tinggal jauh di luar wilayah kota Addis Ababa dan Djibouti. Bagi WNI yang tinggal di wilayah kota Addis Ababa dan sekitarnya diharapkan untuk datang langsung ke KBRI
Langkah-langkah Lapor diri ONLINE :
1.  Download Formulir Lapor Diri dengan mengklik tautan berikut : DOWNLOAD
2.  Isi Formulir Lapor Diri tersebut dan simpan (save) dengan nama file : “ Lapor Diri WNI A.n. Sdr. ……..(ybs). “
3.  Kirimkan soft copy File Lapor Diri WNI tersebut disertakan pula soft copy hasil scan paspor halaman depan, dan halaman dimana terdapat Visa Ethiopia yang masih berlaku ke alamat email :  idembassy.addisababa@kemlu.go.id  
     Bagi pelapor yang tidak memiliki mesin scanning, Paspor dapat difoto melalui Handphone dan kirim ke Whatsapp KBRI (Hotline Service : +251929901406).
4.  Kami akan mengirimkan stiker Lapor Diri KBRI Addis Ababa ke alamat pelapor, stiker ditempel  sendiri di lembar belakang Buku   Paspor RI yang masih kosong (antara hal. 46 atau hal 47 atau 48).
5.  Contoh penempelan bisa dilihat pada gambar berikut :