Potensi Investasi di Ethiopia

Pemerintah Ethiopia sangat mengharapkan Investasi asing pada bidang-bidang industri padat karya di bawah ini:
a.     Bidang tekstil, produk tekstil, dan garmen
Investasi di bidang ini tidak hanya menyangkut membangun pabrik tekstil tetapi juga investasi pada bidang perkebunan kapas, peternakan modern domba untuk bahan wool. Selain itu, pengolahan serat bambu untuk tekstil dan juga kulit binatang untuk tekstil dan produk tekstil sangat menjanjikan. Investasi di bidang ini sangat didukung dengan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang siap untuk dilatih. Pada sumber daya alam, untuk perkebunan kapas masih tersedia banyaknya lahan dan banyaknya permintaan akan kapas pada industri tekstil yang terus berkembang. Investasi asing yang telah masuk pada sektor tekstil adalah Turki, sedangkan untuk pengolahan kulit binatang Cina dan Jepang telah masuk pada investasi industri ini.
 
Pada investasi bambu untuk produk tekstil khususnya yang diolah dari serat bambu belum banyak yang melirik, baru China yang telah mengadakan kerja sama ataupun pelatihan pada pemanfaatan tanaman bambu yang cukup banyak ditanam di Ethiopia.
 
b.     Bidang Industri Pertanian
Industri di bidang pertanian sangat menarik dan terus dilirik oleh asing terutama dari Eropa seperti Belanda dan Swedia, serta Rusia dan Amerika. Selain kopi dan bunga mawar sebagai ekspor utamanya, Ethiopia sangat melimpah akan tanaman yang menghasilkan biji-bijian atau kacang-kacangan. Pemerintah Ethiopia sangat terbuka pada investasi di bidang pertanian karena masih tersedianya lahan yang luas untuk digarap. Perkebunan dan pengolahan tebu, anggur, dan apel masih dibutuhkan. Pengolahan biji kopi menjadi kopi instan dan produk alternatif kopi juga merupakan kesempatan investasi yang masih belum dimanfaatkan dengan baik.
 
c.     Bidang Farmasi
Industri di bidang farmasi dan alat kesehatan sangat dibutuhkan. Dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 100 juta orang, kebutuhan akan kesehatan sangat tinggi. Obat-obatan dan alat kesehatan menjadi penting dimana saat ini kebutuhan akan obat-obatan masih banyak diimpor oleh Ehtiopia. Selain obat-obatan, alat kesehatan seperti alat suntikan, sarung tangan plastik dan karet, serta alat kontrasepsi masih sangat terbuka sebagai kesempatan dalam berinvestasi.
 
d.     Bidang Kebutuhan Hidup (Consumer Goods)
Investasi pada bidang masih terbuka luas mengingat hampir semua kebutuhan pangan modern diimpor oleh Ethiopia. Makanan ringan, makanan dan minuman kaleng serta permen atau berbagai produk makanan ringan bisa menjadi kesempatan investasi yang menarik.
 
Pada peraturan dan aturan investasi, juga dapat dimasukkan alamat laman sumber aturan dan peraturan atau manfaat yang diperoleh bila berinvestasi di Ethiopia yaitu melalui laman resmi Ethiopian Investement Commission di http://www.investethiopia.gov.et/ atau bagi yang ingin mengajukan pertanyaan atau informasi lebih lanjut dapat mengirimkan surat elektronik ke: ethioinvest@eia.gov.et.