PIDATO PRESIDEN DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN KORPRI KE-39

11/29/2010

 

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera bagi kita sekalian

Segenap Anggota KORPRI yang saya cintai dan saya banggakan dimanapun Saudara berada dan bertugas Hadirin sekalian yang saya muliakan

Mengawali sambutan ini, marilah kita bersama-sama, sekali lagi, memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, hingga kita masih diberi kesempatan, kekuatan, dan Insya Allah kesehatan dalam mealksanakan ibadah kita, karya kita, serta tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa, dan Negara tercinta.

Kita juga bersyukur, pada hari ini yang bersejarah ini, kita dapat kembali memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang tahun ini genap berusia 39 tahun.

Atas nama Pemerintah, Negara, dan juga Pribadi, saya ingin menyampaikan ucapan SELAMAT ULANG TAHUN kepada Saudara-saudara para anggota KORPRI dimanapun Saudara bertugas dan berada, Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Keluarga Besar KORPRI yang telah memberikan dharma, bakti, dan pengabdiannya dalam memnjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi.

Semoga KORPRI dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai sebuah organisasi yang maki solid dan main profesional. Kita juga berharap, para anggotanya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa, dan Negara degan lebih baik.

Seganap Anggota KORPRI yang saya cintai dan saya banggakan.

Hadirin sekalian yang saya muliakan,

Tema yang diangkat pada peringatan HUT KORPRI kali ini adalah :

DENGAN NETRALITAS DAN PROFESIONALITAS KORPRI MENDUKUNG REFORMASI BIROKRASI DALAM RANGKA OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK.

Melalui tema itu, saya mengajak seluruh jajaran KORPRI untuk melanjutkan kerja keras, meningkatkan pengabdian dan produktifitas dalam mewujudkan jajaran birokrasi yang makin professional. Jajaran birokrasi yang netral dan sanggup menghadirkan kualitas pelayanan public yang terbaik bagi seluruh warga bangsa. Jajaran birokrasi yang dapat kita banggakan sebagai salah satu keunggulan bangsa kita di era kompetisi global.

Sejak didirikannya pada tanggal 29 Nopember 1971, KORPRI telah menunjukka peran dan tanggung jawabnya dalam meberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan Negara sesuai dengan tutuntuan dan kemajuan jaman. Sebagai organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil, KORPRI telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang. Pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang diemban oleh seluruh anggota KORPRI telah memberikan kontribusi konstruktif dalam proses pembangunan selama ini.

Dalam perjalanan sejarahnya, KORPRI saat ini telah tampil sebagai organisasi yang professional dan makin mandiri. Organisasi yang kedudukan dan kegiatannya tidak lepas dari kedinasan, KORPRI telah mampu mendorong para anggotanya untuk mengamban tiga peran penting dan strategis sebagai abdi Negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah.

Lebih dari satu dasa warsa, sejak gerakan reformasi gelombang pertama, KORPRI telah ikut mengabalikan peran utama birokrasi sebagai komponen utama dalam pengelolaan pemerintahan. KORPRI telah mampu meningkatkan kapasitas profesionalismenya, seiring dengan sikap netralitasnya sebagai abdi bangsa dan abdi masyarakat. Hal ini sejalan dengan amanat Panca Prasetya KORPRI.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini dank e depan, para anggota KORPRI memeliki tugas sejarah dalam menyukseskan Reformasi Gelombang Kedua. Melalui Reformasi Gelombang Kedua, kita bertekad untuk memajukan kualitas penerapan demokrasi, meningkatkan upaya penegakan hokum, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kedepan, kita ingin menuntaskan agenda reformasi birorkasi, guna membangun jajaran birokrasi yang makin berkualitas, loyal, berdedikasi tinggi dan berdaya saing.

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada anggota KORPRI dimanapun Saudara berada.

PERTAMA

Tuntaskan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan tempat Saudara bertuas. Lanjutkan penerapan tata kelola pemerintah yang baik –good governance- disemua lini. Bangun tata kelola dan tata laksana birkorasi yang makin produktif, professional, dan akuntable. Berikan pelayanan birokrasi yang makin cepat, akurat, dan makin baik.

KEDUA

Tingkatkan jalinan kerjasama produktif dengan semua pemangku pekentingan pembangunan. Bangun jajaran birokrasi yang siap merespon berbagai tantangan pembangunan secara konstruktif. Ciptakan terobosan dan inovasi dalam memberikan layanan public terbaik bagi masyarakat. Berikan layanan public yang cepat dan tepat di tengah kondisi kontijensi di beberapa tempat yang terkena bencana, utamanya di Wasior Papua Barat, Mentawai Sumatera Barat, dan sekitar Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

KETIGA

Lanjutkan kerja keras dan kerja cerdas dalam pengabdian Saudara sebagai abdi Negara, abadi masyarakat dan abdi pemerintah. Pedomani sumpah jabatan dan Panca Prasetya KORPRI. Buktikan kepada masyarakat bahwa kinerja Pegawai Negeri Sipil dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

KEEMPAT

Pastikan bahwa KORPRI dapat tampil sebagai organisasi profesi yang ikut meningkatkan daya saing bangsa melalui kehadiran pelayana birokrasi dan pelayanan public yang berkualitas dan dapat dibanggakan.

KELIMA

Mari kita sempurnakan jajaran birokrasi yang tangguh dan berwibawa. Jangan ragu untuk melakukan perombakan, pergantian dan revitaliasasi dalam penyelenggaraan birokrasi yang dinilai berpotensi mengurangi produktiftas dan menghambat akselerasi laju penyelenggaraan pembangunan. Terus kedepankan semangat kebersamaan untuk bangsa dan Negara. Lanjutkan pembarantasa tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.

Akhirnya, kepada jajaran KORPRI di seluruh tanah air, sekali lagi saya ucapkan selamat menunaikan tugas dan kewajiban Saudara masing-masing. Terus berikan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa dan Negara.

Semoga Allah SWT. Senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian.

Terima kasih.

DIRGAHAYU KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA

Wassalamu Alaikum warahmatullah wabarakatuh

Jakarta, 29 Nopember 2010

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Ttd.

DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO