Sign In

Surat-surat Keterangan

Jenis – jenis surat keterangan yang dapat dikeluarkan oleh KBRI Abuja:

  1. Surat Keterangan Kenal Lahir
  2. Surat Keterangan Pindah Ke Indonesia: Dokumen Pindah Dan Barang Pindahan

Surat Keterangan Kenal Lahir
Surat keterangan tersebut dikeluarkan hanya untuk anak yang memegang Paspor WNI atau saat yang bersamaan sedang mengurus permohonan Paspor RI di KBRI Abuja. Pemohon tersebut dilahirkan dan berdomisili di wilayah kerja KBRI Abuja (Nigeria, Rep Ghana, Republik Liberia, Burkina Faso, Republik Benin, Republik Kamerun, Republik Togo, Republik Kongo, Republik Niger, Sao Tome and Principe, Gabon dan ECOWAS) dengan syarat, antara lain:

  1. Mengisi formulir yang telah disediakan;
  2. Menyertakan fotokopi Akta Kelahiran/Birth Certificate;
  3. Menyertakan fotokopi paspor kedua orang tua;
  4. Menyertakan fotokopi Permanent Resident/Green Card, atau surat/keterangan status dari imigrasi negara tempat domisili milik salah satu orang tua (dokumen asli harus ditunjukkan). Jika tidak dapat menunjukkan salah satu dokumen di atas, maka salah satu orang tua harus melalui wawancara;
  5. (Jika ada) Melampirkan fotokopi surat nikah kedua orang tua atau surat keterangan sipil lainnya.

Surat Keterangan Pindah Ke Indonesia: Dokumen Pindah Dan Barang Pindahan                                         

Persiapan apa saja yang diperlukan?

  1. Menutup rekening bank, mengakhiri kontrak, melunasi biaya telpon, tempat tinggal (apartemen).
  2. Memperhatikan barang-barang yang akan di bawa pulang ke Indonesia.
  3. Melengkapi dokumen daftar barang pindahan yang harus diketahui dan disahkan oleh Perwakilan RI di mana anda melapor diri.
  4. Melaporkan kepindahan tersebut pada Perwakilan RI di mana anda dan keluarga melaporkan diri untuk mendapat Surat Keterangan Pindah ke Indonesia.

Persyaratan untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah ke Indonesia di KBRI Abuja, sebagai berikut:

  1. Mengisi Formulir Surat Permohonan Keterangan Pindah dari KBRI Abuja
  2. Bukti pembayaran sesuai tarif
  3. Pas Foto ukuran 4x6 cm berwarna 4 lembar
  4. Fotokopi paspor (bagian depan dan lembar kedua, dan lembar lapor diri)
  5. Fotokopi izin tinggal (Resident Permit/Green Card)
  6. Daftar barang yang akan dibawa pulang (3 rangkap)

 Penting!!!
Semua dokumen kepindahan ini harus diselesaikan sebelum Anda meninggalkan Negara Domisili yang menjadi rangkapan KBRI Abuja! Apabila anda tidak dapat langsung ke KBRI Abuja agar dapat memperhitungkan secara matang waktu penyelesaian dokumen tersebut.

 Jenis Barang Pindahan yang dapat masuk ke Indonesia

  1. Barang-barang keperluan rumah tangga yang diperuntukkan akan tetap sebagai bagian dari keperluan rumah tangga bersangkutan. Contoh barang umum dimasukkan sebagai barang pindahan seperti perabot rumah tangga, alat-alat dapur, buku-buku, piano, organ, dan alat musik lainya, alat olahraga, televisi, radio, video, LD/CD/DVD Player, Komputer (PC), alat penyejuk udara dan barang lainnya yang lazim dimiliki oleh sebuah rumah tangga
  2. Dalam hal ini persedian barang dagangan dan barang larangan serta kendaraan bermotor tidak termasuk sebagai barang pindahan.

 Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi:

Pelaksana Fungsi Konsuler KBRI Abuja
Telp (+234) 8166026466 ext 104 atau email di  kbri.abuja@gmail.com / abuja.kbri@kemlu.go.id