WNI Nigeria Menyatu Dalam Kemerdekaan dan Kenyamanan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Warga Negara Indonesia di Nigeria merasa  menyatu dalam kemerdekaan dan kenyamanan bersama dengan keluarga besar KBRI Abuja dalam acara resepsi memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 di Wisma Duta Besar RI, Abuja, Nigeria.

 

Perasaan menyatu dan nyaman dalam resepsi yang diadakan pada tanggal 29 Agustus 2012 tersebut tidak hanya karena dapat bersua dan bertukar informasi dengan warga Indonesia yang tersebar di berbagai negara bagian Nigeria, tetapi juga karena dapat bertemu dan bertukar fikiran langsung dengan berbagai kalangan masyarakat Nigeria, baik  tingkat Menteri dan pejabat tinggi lainnya, maupun usahawan, media, organisasi kemasyarakatan dan juga  pelajar dan akdemisi.

 

Yang menambah rasa menyatu dalam kemerdekaan dan kenyamanan adalah penampilan pelajar Indonesia yang berkolaborasi dengan pelajar Nigeria menampilkan dengan bebas dan lepas tarian dan nyanyian  yang menggugah rasa kepahlawanan dan nikmatnya kemerdekaan yang telah diraih Indonesia 67 tahun yang lalu.

 

Selama bulan Agustus ini, masyarakat Indonesia di Nigeria juga merasa bangga dengan banyaknya media cetak dan elektronik di Nigeria yang memberitakan mengenai berbagai raihan Indonesia bukan hanya di bidang ekonomi tetapi juga di bidang sosial budaya, khususnya dalam menjaga keharmonisan dan kesatuan berbagai etnik, suku, latar belakang dan agama yang berbeda bahkan puluhan ribu pulau,  hal ini masih menjadi impian bagi masyarakat Nigeria.

 

Beberapa WNI mengungkap secara langsung bahwa dalam suasana dan kondisi kendala keamanan yang dialami Nigeria saat ini, acara resepsi dan penampilan budaya Indonesia sangat menggugah dan menyentuh pentingnya hidup dalam persatuan, kemerdekaan dan kenyamanan hidup berdampingan. 

 

Apalagi beberapa waktu lalu, terdapat warga Indonesia yang baru saja dibebaskan dengan selamat dari penculikan.

 

Kami merasa nyaman serta mendapat perhatian dan perlindungan dari pemerintah Indonesia melalui KBRI Abuja.

 

Walau bagaimanapun juga, Nigeria dengan segala tantangan sosial ekonomi dan keamanannya adalah negara potensial dan mempunyai prospek yang menjanjikan, bukan hanya sebagai pasar alternatif tetapi sebagai mitra bisnis yang penting dimasa mendatang.

 

Duta Besar RI di Nigeria, di sela-sela resepsi kembali menekankan pentingnya warga Indonesia di Nigeria untuk melaporkan diri dan merapatkan kebersamaan untuk mengurangi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, selalu bersikap hati-hati dan waspada terhadap tempat dan waktu yang diduga beresiko.

 

Dubes tidak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama seluruh warga Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Community of Nigeria (ICON). (Sumber : KBRI Abuja)