Komunitas masyarakat Indonesia di Abuja menyelenggarakan Kartini Day 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Segenap keluarga besar masyarakat Indonesia di Abuja menyelenggarakan Kartini Day Celebration 2012 bertempat di BNL Life Camp, Abuja, Nigeria, pada tanggal 21 April 2012. Kegiatan ini sepenuhnya inisiatif masyarakat Indonesia di Abuja yang ingin menampilkan suasana yang berbeda dalam mengenang jasa-jasa Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan di Indonesia serta mempromosikan budaya dan seni, kuliner asli Indonesia kepada masyarakat luas di Nigeria.

 

Dalam mewujudkan kegiatan tersebut, komunitas masyarakat perempuan Indonesia (Indonesian Ladies Association) yang diketuai oleh Ibu Rosa Ilic (salah satu WNI yang telah berdomisili lebih dari 30 tahun di Nigeria), bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan dan keluarga besar KBRI Abuja menggagas penyelenggaran Hari Kartini Tahun 2012 dalam bentuk pertunjukan live band dan kesenian Indonesia, tarian dan angklung serta kuliner dan wisata Indonesia.

 

Sejak awal persiapan hingga penyelenggaraan kegiatan, antusias masyarakat Indonesia menyiapkan dan menyelenggarakan acara mendapat sambutan publik/masyarakat Nigeria dan asing yang berebut tiket yang disediakan untuk 250 orang dengan harga N 3500 (US$ 25) habis dalam waktu 2 minggu. Selain menampilkan pertunjukan budaya dan seni, kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi kuliner asli Indonesia yang secara khusus disajikan bagi para pengunjung.

 

Kemeriahan acara ini juga diisi dengan pengundian door prize dengan beragam hadiah menarik yang disediakan oleh panitia pelaksana yang disponsori oleh berbagai perusahaan besar di Nigeria, termasuk perusahaan Indonesia di Nigeria (Dantata Sawoe Construction, Vita Construction, AF Consult/Colenco, Nutri-C, Wings Group, Transcorp Hilton Hotel, Sheraton Hotel, Protea Hotel, dan berbagai restoran).

 

Acara seperti ini memang merupakan acara langka di Abuja mengingat situasi kondisi saat ini, khususnya keamanan membatasi orang asing keluar jika tidak perlu. Namun acara yang dilakukan di BNL Life Camp ini mempunyai sistem keamanan yang menjamin rasa aman dan nyaman. Manajer BNL Life Camp mengomentari acara ini sebagai acara yang menyejukkan ditengah kegersangan hiburan di Nigeria.

 

Sementara itu, Dubes RI Sudirman Haseng pada kesempatan ini menyampaikan bahwa acara ini dipersembahkan oleh para wanita Indonesia di Nigeria untuk komunitas internasional di Nigeria, khususnya kaum wanita agar dapat saling mengenal lebih dekat. Beliau juga mengapresiasi antusiasme dan dukungan penuh berbagai pihak sehingga acara ini dapat berlangsung meriah dan mendapat sambutan luas.

 

Acara ini diliput juga oleh 7 wartawan dari Koran yang berbeda. Ke-7 wartawan ini juga akan diprogramkan untuk ikut Famtrip Journalism ke Jakarta 29 Mei – 6 April 2012. Abuja, 21 April, 2012. (Sumber: KBRI Abuja)