Indonesia Terus Menjelajahi Potensi Afrika Barat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pengusaha Indonesia terus mencari terobosan untuk menggali potensi dan kerjasama bisnis dengan negara-negara di Afrika Barat. 

 

Negara Afrika Barat yang tergabung dalam Economic Community of West African States (ECOWAS) mempunyai  penduduk sekitar 300 juta, tidak hanya potensi pasar tetapi juga potensi alamnya masih terhampar luas dan belum dijamah secara ekonomis.

 

Hal ini mendorong KBRI Abuja, Nigeria yang cakupan kerjanya meliputi  negara lainnya mengajak pebisnis untuk menjelajahi langsung potensi Afrika Barat melalui program Safari Bisnis dan Budaya ke empat Negara, yaitu Nigeria, Benin, Togo dan Ghana dari tanggal 8 s/d 14 Juli 2012.

 

Di luar dugaan program yang memadukan bisnis dan budaya ini mendapatkan sambutan luar biasa dari pebisnis, pejabat dan masyarakat negara setempat.

 

Dalam setiap pertemuan bisnis tidak kurang dari 50 pengusaha setempat antri ingin mendapatkan informasi langsung dari 4 pengusaha Indonesia, yang dibantu oleh pejabat ekonomi KBRI Abuja dan Kepala ITPC Lagos (Indonesian Trade Promotion Centre).

 

Malam harinya keluarga besar KBRI Abuja menyuguhkan malam budaya, yang dihadiri pejabat tingkat menteri, pebisnis, duta besar Negara sahabat dan tokoh masyarakat setempat.

 

Suguhan angklung memperdengarkan lagu nasional masing-masing Negara mendapat tepuk tangan meriah dan decak kagum.

 

Penampilan malam budaya dilengkapi dengan tarian dan live band memperdengarkan lagu Indonesia dan lagu favorit Negara setempat.

 

Decak kagum penghargaan langsung disampaikan kepada Dubes RI, Sudirman Haseng antara lain oleh Menteri Perdagangan dan Industri Benin dan Menteri Pertahanan Togo yang hadir bersama istri.

 

Masyarakat Indonesia yang hadir pada acara tersebut bahkan menyatakan baru kali ini  menyaksikan pertunjukan budaya Indonesia sejak bermukim lebih dari 15 tahun di Togo dan akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. (Sumber : KBRI Abuja)