Niger

Republik Niger merupakan negara landlocked di Afrika Barat yang berbatasan dengan Libya, Chad. Nigeria, Benin, Burkina Faso, Mali dan Aljazair. Dengan luas mencakup hampir 1.270.000 km2. Niger adalah negara terbesar di Afrika Barat, dengan lebih dari 80 persen dari luas daratannya ditutupi oleh gurun sahara. Dari populasi sekitar 17.1 jiwa, mayoritas penduduknya beragama Islam. Konsentrasi masyarakatnya hidup di wilayah ibukota Niger, Niamey yang terletak di sudut barat daya negara tersebut.

Masyarakat Nigeria merupakan refleksi dari pengaruh keberagaman hasil dari sejarah kemerdekaan yang cukup panjang dari beberapa kelompok agama dan etnis, serta lamanya mereka menetap dalam suatu wilayah. Sebelum terbentuk menjadi satu negara, Niger merupakan kumpulan wilayah pinggiran dari beberapa negara besar. Sejak merdeka, Niger telah mengalami perubahan 5 konstitusi dan 3 periode kekuasaan militer. Namun, setelah kudeta pada tahun 2010, Niger berubah menjadi negara republik dengan system multi partai.

Ekonomi Niger terkonsentrasi pada sektor pertanian, terutama di bagian selatan produk ekspor prioritasnya adalah ekspor sejumlah bahan baku, terutama bijih uranium, Sejumlah tantangan serius di sector pembangunan yang dihadapi Niger adalah antara lain : posisinya yang landlocked, medan gurun, tingkat kesuburan yang tinggi dan kelebihan populasi dihasilkan karena tidak adanya control tingkat kelahiran, pendidikan yang buruk, kemiskinan yang tinggi, kurangnya infrastruktur, buruknya perawatan kesehatan dan degradasi lingkungan.