Gabon

Republik Gabon adalah sebuah negara berdaulat di pantai barat Afrika Tengah yang terletak di garis khatulistiwa dan berbatasan dengan Guinea Ekuatorial, Kamerun, Republik Kongo, dan Teluk Guinea. Dengan luar wilayah sekitas 270.000 kilometer persegi, populasi Gabon diperkirakan mencapai 1,7 juta orang.

Sejak Kemerdekaannya dari Perancis pada tahun 1960, Gabon memiliki tiga presiden. Pada awal 1990-an Gabon mengadopsi sistem multi partai dan konstitusi demokratis untuk proses pemilu yang lebih transparan. Pada saat itu juga, banyak lembaga pemerintah Gabon mengalami reformasi birokrasi. Gabon merupakan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2010-2011.

Setelah kematian mantan Presiden Bongo El Hadj Omar Bongo Ondimba yang merupakan salah satu mantan kepala negara terlama di Afrika pada tahun 2009, Gabon dipimpin oleh anak mantan Presiden Bongo, Ali Bongo. Meskipun kondisi politik dibatasi dan populasi yang kecil, dengan sumber daya alam yang melimpah dan dukungan asing yang cukup telah membuat negara ini menjadi lebih stabil. Hal tersebut telah membuat Gabon menjadi negara termakmur dengan tingkat GDP tertinggi ketiga dikawasan sub-sahara setelah Equatorial Guinea dan Botswana.