Wawancara Dubes RI dengan News Agency of Nigeria (NAN)

Abuja, Juli 2015 – Duta Besar RI untuk Nigeria beberapa pekan lalu berkesempatan melakukan wawancara dengan Kantor Berita terbesar di Afrika yang berpusat di Nigeria, News Agency of Nigeria (NAN). Wawancara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut dilakukan di News Studio NAN. Bertindak sebagai pewawancara adalah Deputy Editor in Chief, Editing, and Control, Mr. Ekezie Chukwundi dan Editor, Mr. Uche Annune. 
Dalam wawancara tersebut sejumlah isu yang dibahas secara umum terkait dengan hubungan bilateral Indonesia dan Nigeria, khususnya di bidang perdagangan, pelaksanaan hukuman mati di Indonesia, stabilitas ekonomi, dan sejumlah hal yang dapat dijadikan lesson learned oleh Nigeria berdasarkan pengalaman Indonesia. 
Menanggapi sejumlah pertanyaan NAN, Dubes RI menegaskan bahwa Indonesia dan Nigeria memiliki hubungan bilateral yang sangat baik. Kedua negara memiliki banyak kesamaan bukan saja dari segi iklim dan lingkungan, namun juga merupakan major power negara berkembang di kawasannya masing-masing. Dari segi ekonomi, volume perdagangan Indonesia dan Nigeria telah mencapai kurang lebih US$ 4 Milyar. Selain itu, saat ini terdapat kurang lebih 20 perusahaan Indonesia yang beroperasi di Nigeria. 
Dubes RI menambahkan bahwa dengan adanya sejumlah kesamaan antara Indonesia dan Nigeria, sudah seharusnya kedua negara dapat memaksimalkan potensi yang ada untuk memperoleh mutual benefit demi kemakmuran rakyatnya. Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan interaksi antara Indonesia dan Nigeria, bukan saja hanya dari kalangan pemerintah, people to people, namun juga dari kalangan business to business.