Weekend Bersama Siswa asal Indonesia di PEA

Wajah puluhan siswa ABG asal Indonesia tersenyum mengembang menyambut kehadiran Bapak Dubes Salman Al Farisi beserta Ibu di taman Al Jahli, Al Ain, Persatuan Emirat Arab, pada hari Sabtu, 1 Februari 2014 yang lalu. ​

Sejenak setelah bercakap-cakap ringan, para siswa tersebut segera menyerbu nasi uduk yang dibawa Bapak Dubes dan Ibu dari Abu Dhabi. Beberapa dari mereka bahkan mengambil sambal dengan porsi overdosis karena mengaku sangat rindu dengan sambal Indonesia yang tidak mereka temui selama mereka bersekolah di negeri orang.

Para siswa berusia ABG ini adalah sebagian dari 41 siswa asal Indonesia yang memperoleh beasiswa dari Pemerintah PEA untuk bersekolah di sekolah Al Mahad al Islami yang terletak di Kota Al Ain, sekitar 150 KM sebelah selatan Abu Dhabi. Rata-rata dari mereka mulai bersekolah di Al Ain sejak usia yang sangat belia, 12-13 tahun atau setara SMP. 

Sejak tahun 1996 pemerintah PEA menyediakan beasiswa bagi siswa asal Indonesia, dan negara-negara sahabat lain seperti Thailand dan Sudan, sejak usia SMP dan dapat dilanjutkan hingga bangku universitas apabila siswa tersebut menghendaki dan lulus pada ujian-ujian yang diselenggarakan otoritas pendidikan setempat.

Walaupun siswa asal Indonesia selalu dikenal santun dan berprestasi baik, dalam kesempatan tersebut Bapak Dubes RI tetap berpesan agar mereka selalu menjaga kerukunan antar sesama siswa Indonesia, bersikap baik terhadap lingkungan dan belajar dengan rajin.