TKW Bermasalah di Abu Dhabi Merayakan HUT RI ke-65

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tak nampak raut muka sedih dari sekitar 70 TKW bermasalah yang saat ini berada di penampungan KBRI Abu Dhabi. Muka belepotan karena mengambil coin Dirham di buah melon yang dipenuhi cokelat, terserimpet karung goni hingga jatuh, tertimpa teman satu tim akibat lomba tarik tambang merupakan pemandangan yang langka di tengah suhu udara musim panas yang mendekati 40 derajat celcius. Semuanya antusias dan menikmati berbagai perlombaan HUT RI yang diadakan secara khusus oleh KBRI untuk mereka. Berbeda dengan tahun sebelumnya, perlombaan untuk TKW kali ini tidak diadakan setelah upacara peringatan HUT RI Proklamasi ke-65 yang jatuh pada 17 Agustus 2010, tetapi diadakan lebih cepat yaitu pada 4 Juni 2010 di halaman KBRI Abu Dhabi. Hal ini dikarenakan pada 17 Agustus 2010 di Persatuan Emirat Arab (PEA) sudah memasuki musim panas dengan suhu udara bisa 50 derajat celcius dan bersamaan dengan bulan puasa Ramadhan. Kegiatan lomba TKW ini juga diwarnai dengan selingan musik dangdut yang semakin memeriahkan suasana lomba.

 

Dubes RI Abu Dhabi, M. Wahid Supriyadi dalam pengarahan kepada TKW seusai lomba menyatakan kegembiraannya karena semua turut berpartisipasi dan terlihat gembira merayakan HUT RI ke-65 di Abu Dhabi. Ketika ditanya siapa dari mereka yang mengalami tindak kekerasan, sekitar 20 orang TKW mengacungkan jarinya. Sebagian masih terlihat muka lebam di pipinya, tetapi hari itu mereka melupakan kondisi yang di alami dan Dubes berjanji akan menyelesaikan sebaik-baiknya masalah yang mereka alami. Pada tahun lalu, KBRI Abu Dhabi telah menampung 862 TKW bermasalah dan sekitar 816 (95%) telah diselesaikan kasusnya. Dubes juga memberi semangat bahwa keberhasilan seseorang tidak ditentukan oleh tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi oleh kemauan dan kerja keras. Beberapa contoh pengusaha sukses Indonesia bahkan tidak tamat SD dan SMP. Hal ini diharapkan menjadi insipirasi bagi mereka untuk mengubah hidupnya dengan mempersiapkan diri lebih baik setibanya di Indonesia.

 

Pembukaan berbagai lomba dalam rangka HUT RI ke-65 tahun 2010 telah diadakan pada 28 Mei 2010 yang ditandai dengan lomba gerak jalan santai berkelompok. Lomba sejauh 4 km di bawah suhu sekitar 40 derajat celcius pada pukul 5 sore diikuti oleh sekitar 200 masyarakat Indonesia di Abu Dhabi, dari dewasa, remaja hingga balita. Rangkaian kegiatan HUT RI ini dimeriahkan pula dengan lomba karaoke dan mini bazaar yang menjual berbagai makanan dan minuman Indonesia seperti mie bakso, siomay, bubur ayam, es campur, rujak serut, rujak buah dan lain sebagainya. Acara ini diliput oleh 2 surat kabar berbahasa Inggris terbesar di UEA yaitu Gulf News dan Khaleej Times.

 

Ditambahkan oleh Wahid bahwa berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Abu Dhabi diharapkan akan semakin memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama masyarakat Indonesia di Persatuan Emirat Arab dan tetap menumbuhkan rasa cinta tanah air. Hingga menjelang bulan puasa, KBRI Abu Dhabi akan menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka HUT RI ke-65 seperti badminton, tenis lapangan, tenis meja, dan bowling. Rangkaian ditutup dengan pagelaran seni budaya “Indonesian Night” pada pertengahan Nopember 2010 bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI di Abu Dhabi Theater.