Negara-Negara ASEAN di Uni Emirat Arab Rayakan HUT ASEAN Ke-46

Kedutaan Besar negara-negara ASEAN di Uni Emirat Arab (UEA) yaitu Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam pada tanggal 28 Agustus 2013, pukul 19.30 – 21.30 waktu setempat merayakan HUT ASEAN ke-46 di KBRI Abu Dhabi, UEA. Hadir pada acara tersebut Dubes-dubes dari mitra wicara ASEAN, kalangan diplomatik, bisnis dan pejabat Kementerian Luar Negeri UEA.

 

Dubes RI untuk UEA, Salman Al Farisi yang pada periode ini menjabat sebagai Ketua ASEAN Committee in Abu Dhabi (ACAD) dalam sambutannya menggarisbawahi tema yang diangkat yaitu “Our People, Our Future Together” yang memberikan arti pada keikutsertaan komunitas masyarakat ASEAN untuk membangun kawasan dengan stabilitas politik, perekonomian yang terintegrasi dan memiliki tanggungjawab sosial. Sebagai Ketua ACAD, Dubes Salman juga menekankan perlunya melihat tantangan di tahun 2015, sebagai tahun penetapan integrasi ASEAN, dan perlunya menyiapkan generasi muda ASEAN sebagai pemimpin masa depan yang dibekali dengan berbagai program/pelatihan serta nilai-nilai guna menghadapi tantangan di masa depan.

 

Perayaan ASEAN ke-46 ditandai pula dengan pengibaran bendera ASEAN secara simbolis oleh tiga orang pasukan pengibar bendera dengan diiringi lagu ASEAN. Perayaan menjadi semarak karena para undangan disajikan berbagai kuliner khas dari tujuh negara ASEAN.

 

ASEAN Committee in Abu Dhabi (ACAD) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2011 dengan penandatanganan MOU oleh Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN di Abu Dhabi dan bertujuan untuk meningkatkan kerjasama ASEAN dengan UEA dan negara ataupun organisasi internasional di kawasan.  Hingga saat ini hanya ada tujuh negara ASEAN di UEA, sementara Kamboja, Laos dan Myanmar masih belum membuka perwakilannya di UEA.

 

Semenjak dibentuk tahun 2011, Indonesia telah memegang dua kali tampuk kepemimpinan dan selama keketuaan Indonesia berbagai kegiatan telah diselenggarakan berbagai kegiatan untuk mempromosikan ASEAN dan sekaligus mendorong peningkatan kerjasama negara-negara ASEAN di kawasan di berbagai bidang. (Sumber : KBRI Abu Dhabi)