Kalangan Diplomatik dan Pemerintah PEA Rayakan HUT RI Ke-68

Dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-68 tahun 2013, KBRI Abu Dhabi pada tanggal 24 September 2013 menyelenggarakan malam resepsi diplomatik di Hotel InterContinental, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA). Sekitar 300 undangan dari kalangan pemerintah, diplomatik, bisnis dan LSM, serta perwakilan masyarakat Indonesia memenuhi ballroom tempat penyelenggaraan acara resepsi. Hadir sebagai guest of honor adalah H.E. Dr. Abdul Rahim Al Awadi, assistant to Foreign Minister for Legal Affairs, Kementerian Luar Negeri PEA yang didampingi beberapa pejabat tinggi Kemlu setingkat direktur dan HE. Sayid Ali Al Hashemi, Adviser to the President on Judicial and Religious Affairs.

 

Acara resepsi berlangsung meriah dan mendapatkan apresiasi khusus dari pihak Kemlu PEA. Hal ini dikarenakan pertama kalinya dalam kegiatan resepsi diplomatik yang diselenggarakan oleh Kedubes asing di PEA, lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan secara live, bukan dari rekaman compact disc. Menurut mereka, komunitas Kristiani “Gracia” berhasil membawakan lagu kebangsaan PEA (dalam bahasa Arab) sangat fasih dan sangat sempurna. Penampilan tim yang berjumlah 13 orang juga memukau undangan dengan keragaman pakaian daerah yang dikenakan. Selain menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, kelompok paduan suara Gracia juga menyanyikan lagu-lagu daerah untuk menyemarakan acara resepsi.

 

Dubes RI untuk PEA dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan HUT RI ke-68 merupakan penghargaan kepada leluhur Indonesia yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hari kemerdekaan pada dasarnya menjadi momen bagi seluruh rakyat Indonesia dan segenap bangsa di dunia sebagai rasa kebebasan, kepahlawanan dan semangat untuk kemajuan. Demikian halnya dengan founding father, Sheikh Zayed Al Nahyan, yang berhasil membawa negara PEA menjadi negara yang memiliki visi jauh ke depan dan menciptakan kesejahteraan, stabilitas dan pembangunan bagi bangsa dan rakyatnya.

 

Dubes Salman menambahkan bahwa kerjasama Indonesia – PEA semakin meningkat di semua sektor. Kerjasama di sektor ekonomi meningkat secara signifikan sebesar 32.23% dan komitmen investasi PEA di Indonesia juga berlipat yang menjadikan PEA menduduki peringkat 21 dalam daftar foreign direct investor. Penguatan kerjasama di bidang politik dan keamanan ditandai dengan penandatangan berbagai perjanjian bilateral. Keterlibatan Indonesia dalam berbagai kegiatan budaya bersama yang semakin memperkuat hubungan bilateral dan people to people contact kedua negara. Selain itu, kemitraan antara ASEAN dan GCC juga harus diperkuat karena masih banyak sektor yang dapat dikembangkan.

 

Sebagai penutup, Dubes mengundang seluruh pihak untuk mengembangkan kerjasama dengan Indonesia dan membuka pintu seluas-luasnya untuk peningkatan persahabatan dan kemitraan.

 

Memeriahkan acara, ditampilkan pula 12 foto hasil bidikan masyarakat Indonesia penggemar fotografi yang tergabung dalam kelompok Indonesia Abu Dhabi Photography. Foto-foto yang ditampilkan antara lain berupa iconic building (landmark), budaya dan kehidupan di PEA dan Indonesia, serta foto yang menunjukkan kegiatan hubungan diplomatik kedua negara. Beberapa foto diantaranya telah memenangkan juara pertama pada National Geography Abu Dhabi Theme: Life in Motion 2012 dan juara pada Hamdan Bin Rasyid Al Maktoum International Photography Award 2011 – 2012 yang keduanya dimenangkan oleh ekspatriat Indonesia bernama Amri Arfianto yang bekerja di Dubai International Airport.

 

Cita rasa Indonesia di acara resepsi semakin terasa dengan memasukan menu Indonesia pada jamuan resepsi seperti gado-gado, ketoprak, soto ayam, sate, nasi goreng, rendang, ikan bumbu padang, mie goreng, bubur mutiara, dadar gulung, pisang coklat, dll. (Sumber : KBRI Abu Dhabi)