INDONESIAN NIGHT, ABU DHABI THEATER 19 NOVEMBER 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Riuh tepuk penonton tak kunjung henti usai menyaksikan penampilan tari Saman yang dibawakan oleh kelompok kesenian Ikreasindo pimpinan Ika Widianingsih. Hentakan tari Saman yang sangat dinamis berhasil memukau 500 penonton yang memadati Abu Dhabi Theater.  Tidak hanya itu, permainan angklung interaktif, memainkan lagu barat populer “can’t help falling in love” juga menjadi primadona dan semakin menambah kekaguman penonton atas keragaman budaya Indonesia. Tari Saman dan angklung adalah sebagian dari penampilan seni budaya Indonesia yang dipertunjukan pada Indonesian Cultural Night, 19 Nopember 2012, pukul 19.00 – 22.00 di Abu Dhabi Theater, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab. Berbagai kesenian seperti tari gong Mandau, Lenggang Nyai, Zapin, Jaipong, Piring, pencak silat dan musik Sasando menjadi penghias malam Indonesia di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab dan standing applause diberikan sebagai apresiasi atas penampilan apik tim kesenian Indonesia.

 

Telah menjadi tradisi KBRI Abu Dhabi selama tiga tahun terakhir melakukan Indonesian Night yang pada dasarnya merupakan resepsi diplomatik sebagai penutup dari rangkaian peringatan HUT RI ke-67. Namun dalam rangka lebih meningkatkan diplomasi publik di Persatuan Emirat Arab, maka resepsi diplomatik Indonesia kini dikemas dan lebih menonjolkan promosi budaya dan pariwisata. Hal ini terbukti efektif karena lebih banyak undangan yang hadir dibanding jika hanya mengadakan resepsi diplomatik sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan Kedubes asing di Abu Dhabi. Secara spontan beberapa undangan menyatakan bahwa Indonesia lebih representative, unik dan kreatif dalam setiap penyelenggaraan resepsi diplomatik.

 

Selain seni budaya juga dipromosikan kuliner Indonesia pada cocktail reception seperti nasi goreng, sate, soto ayam, dsb. Sementara area lobby di teater dijadikan display berbagai barang kerajinan atau produk Indonesia seperti kain tenun, kain batik, wayang golek, congklak, berbagai hiasan dari berbagai propinsi di Indonesia, serta bahan-bahan promosi pariwisata dan investasi di Indonesia. Permainan solo Sasando juga ditampilkan sebagai pengiring cocktail reception sehingga menambah kehangatan suasana malam itu.

 

Dubes RI untuk Persatuan Emirat Arab, Salman Al Farisi dalam sambutan pada malam budaya tersebut menyatakan bahwa Indonesian Cultural Night adalah sekaligus menandai peringatan HUT RI ke-67 dan menjadi perayaan bersama rakyat kedua bangsa atas peringatan HUT UAE ke-41 yang akan jatuh pada tanggal 2 Desember 2012. Ditambahkan oleh Dubes Salman, hubungan kedua negara telah terjalin dengan baik di segala bidang dan percaya bahwa kerjasama akan semakin berkembang dan meningkat di masa mendatang. Dukungan yang diberikan oleh Emirates Heritage Club yang memfasilitasi kegiatan ini selama tiga tahun terakhir menjadi refleksi dari semangat Persatuan Emirat Arab yang mendorong keragaman budaya di Persatuan Emirat Arab.

 

Sementara Mr. Ahmad Al Hosani, Chief Activity Emirates Heritage Club pada sambutan balasannya juga menyatakan bahwa hubungan kedua negara telah sangat baik dan kerjasama antara Emirates Heritage Club dan KBRI Abu Dhabi selama ini akan semakin mendekatkan hubungan kedua negara dan rakyat, serta semakin memperkenalkan seni budaya.

 

Selama tiga tahun terakhir, KBRI Abu Dhabi menggandeng berbagai pihak untuk penyelenggaraan kegiatan ini yaitu lembaga budaya di Abu Dhabi “Emirates Heritage Club” yang memfasilitasi pelaksanaan kegiatan di Abu Dhabi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mendukung dengan pengiriman tim kesenian. Dalam waktu dekat, KBRI akan menyelenggarakan promosi kuliner bekerjasama dengan Hotel St. Regis dan Garuda Indonesia, dan promosi budaya di tujuh emirat PEA dalam rangka peringatan HUT PEA ke-41.

 

Abu Dhabi, 20 Nopember 2012

KBRI ABU DHABI, PEA