INDONESIAN FOOD FESTIVAL

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 28 Nopember 2012 hingga 6 Desember 2012, KBRI Abu Dhabi bekerjasama dengan St. Regis Hotel Abu Dhabi menyelenggarakan promosi kuliner Indonesia “Discover the beauty of Indonesia” di Sontaya Restaurant, St. Regis Hotel, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA). Kegiatan ini disponsori oleh Garuda Indonesia yang menyediakan tiket Indonesia – PEA (pp) kepada 10 siswa SMAN Bali Mandara.

 

Selama periode tersebut, Sontaya Restauran menyajikan set menu (dinner) berupa menu pembuka seperti risol, tahu isi. Kemudian menu utama seperti sate ayam Madura, sup ayam, ayam bakar taliwang, rendang, gulai udang, pepes ikan kakap, dan menu penutup berupa dadar gulung dengan es krim vanilla. Promosi kuliner diiringi pula dengan penampilan tarian Indonesia khususnya seni tari Bali seperti tari puspa wresti, tari cilinaya, tari baris tunggal, tari wirayudha, tari gopala, tari kebyar duduk, tari condong, tari joged, tari garuda wisnu kencana, tari cendrawasih dan tari  Puspanjali sebagai tari pembuka. Selain berbagai tarian Bali yang ditarikan oleh para siswa SMAN Bali Mandara juga ditampilkan tari topeng Jawa Barat oleh WNI yang tinggal di Abu Dhabi. Para sisiwa juga menunjukkan keahlian mereka dengan membuat lukisan sketsa wajah para tamu dengan menggunakan pensil dan kemampuan melukis di atas kipas kayu atau kain dengan cat air.

 

Untuk mengentalkan suasana Indonesia, KBRI Abu Dhabi menempatkan koleksi  berbagai hiasan, produk kerajinan khas Indonesia dan bahan-bahan promosi Indonesia di areal  Sontaya Restaurant. Serta flyer yang mencantumkan informasi mengenai rute baru Garuda Indonesia ke Abu Dhabi.

 

Pembukaan Indonesian Food Festival dilakukan pada tanggal 28 Nopember 2012, pukul 19.00 dan dibuka langsung oleh Dubes RI untuk PEA, Bp. Salman Al Farisi bersama-sama dengan General Manager St. Regis Hotel, Mr. John Pelling, Station Manager Garuda Abu Dhabi, Bp. Sampiriyanto serta kalangan diplomatik.

 

Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada St. Regis Hotel dan Garuda Indonesia yang telah menyelenggarakan dan mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik. Menurut Dubes, Indonesia memiliki 300 etnis dan keragaman kuliner, dan makanan telah menjadi instrumen pengikat antar manusia. Melalui Indonesian food festival ini diharapkan akan memberikan inspirasi untuk lebih mengenal dan merasakan kuliner Indonesia.

 

Sementara Bapak Sampiriyanto menyatakan bahwa Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mempromosikan keragaman budaya Indonesia karena hal ini merupakan salah satu filosofi Garuda Indonesia. Diinformasikan pula dilbukanya kembali jalur terbang ke Abu Dhabi oleh Garuda Indonesia bekerjasama dengan Etihad Airways (codesharing). Layanan Garuda ini dimulai per tanggal 2 Desember 2012, tujuh kali seminggu. Diharapkan melalui layanan ini publik Abu Dhabi dapat menikmati penerbangan dengan Garuda Indonesia dan lebih mengeksplore keindahan Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, para siswa memberikan hasil karya lukisan sketsa wajah Dubes Indonesia, Dubes Belanda dan Dubes Kolombia serta Presiden dan CEO PT. Garuda Indonesia. Sementara para tamu undangan wanita diberikan hadiah berupa kipas kain yang telah dilukis.

 

KBRI Abu Dhabi