Deplu   Kementerian Luar Negeri
Republik Indonesia
Kontak Kami BahasaEnglishSearch
Badai Talas Melanda Jepang, WNI Dilaporkan Selamat
Thursday, 08 September 2011 13:20
Badai Talas menerjang Jepang tepatnya di Pulau Shikoku, Jepang Tengah pada hari Sabtu lalu (3/09) yang menyebabkan banjir dan tanah longsor. Selain Shikoku, badai tersebut juga menerjang Pulau Honshu terutama di Prefektur Wakayama dan Nara. Kantor berita Kyodonews melaporkan bahwa hingga kemarin (Rabu, 7/09) badai tersebut memakan korban 54 orang tewas dan sekitar 55 orang hilang.

Pemerintah Jepang telah memobilisasi sekitar 500 orang anggota Kepolisian dan 2000 anggota Badan Bela Diri Jepang untuk melakukan operasi penyelamatan di wilayah bencana.

Mengenai keselamatan WNI di wilayah bencana, KBRI Tokyo segera berkoordinasi dengan Pemerintah daerah Wakayama –daerah terparah dilanda bencana— untuk mengetahui keberadaan WNI yang dikhawatirkan menjadi korban bencana.

Dari informasi yang diterima hingga saat ini, Pemerintah daerah Wakayama melaporkan bahwa tidak ada warga negara asing di wilayahnya yang menjadi korban maupun hilang.

Sebelumnya, beredar kabar di kalangan WNI yang berada di Jepang bahwa terdapat seorang WNI yang dikhawatirkan hilang karena tidak bisa dikontak keluarga atas nama Sdr. Heri Rediyanto. Namun kemarin (7/09) Sdr. Heri Rediyanto telah bisa dihubungi KBRI. Saat ini ia masih bekerja di perusahaan Daiki Kogyo Wakayama.

Heri Rediyanto juga menginformasikan bahwa 6 WNI rekannya yang bekerja di perusahaan yang sama juga dalam keadaan selamat.

“Berita tersebut tentu saja merupakan kabar gembira bagi keluarga di tanah air. Meski demikian, KBRI Tokyo tetap berhubungan dengan pihak berwenang di wilayah bencana untuk memantau situasi dan kondisi terakhir warga Indonesia yang saat ini berada di wilayah bencana,” demikian dikutip dari siaran pers KBRI Tokyo. (sumber: KBRI Tokyo/ed.Yo2k)
back
Berita dan AgendaSiaran PersPress BriefingKedutaan / KonsulatPelayanan PublikIsu Isu Aktual • Layanan Lain
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia • Lihat Situs Web