Indonesia Dorong Kesatuan dan Sentralitas ASEAN dalam Penanganan Isu Laut China Selatan

"Indonesia pada prinsipnya mendukung usulan penyelenggaraan Special ASEAN-China Foreign Ministers' Meeting selama ASEAN memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di Laut China Selatan", demikian disampaikan oleh M.I. Derry Aman, Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, selaku Ketua Delegasi RI/Acting Ketua Senior Officials' Meeting ASEAN-Indonesia pada Special ASEAN Senior Officials' Meeting (SOM) yang diselenggarakan di Singapura, tanggal 23 Maret 2016.

Dalam Special SOM tersebut, Indonesia mendorong agar usulan penyelenggaraan suatu Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN dan RRT dapat memiliki arti penting dan strategis serta bermanfaat bagi kerjasama kemitraan strategis ASEAN-RRT. Indonesia juga menekankan agar pertemuan dimaksud dapat dijadwalkan secara strategis dan dipersiapkan secara matang agar Menlu ASEAN dan Menlu RRT dapat hadir dan menghasilkan pemahaman bersama dan kesepakatan yang maksimal. ASEAN juga diharapkan dapat senantiasa mengedepankan kesatuan dan sentralitasnya dalam menghadapi dinamika kawasan, serta terus menjadi driving force dalam isu-isu yang menjadi kepentingan bersama ASEAN di kawasan.

Special SOM tersebut bertujuan untuk membahas kemungkingan penyelenggaraan Special ASEAN-China Foreign Ministers' Meeting (ACFMM) dan berbagai persiapannya. Pertemuan dipimpin oleh Permanent Secretary/Ketua SOM ASEAN-Singapura selaku Country Coordinator Kerja Sama Kemitraan Strategis ASEAN-RRT periode 2015-2018 dan dihadiri oleh Ketua SOM dan Acting Ketua SOM Negara Anggota ASEAN lainnya.

Pertemuan Khusus ini merupakan tindak lanjut usulan ASEAN Foreign Ministers' Meeting Retreat di Vientiane, Laos, tanggal 27 Februari 2016, mengenai kemungkinan Menlu ASEAN dan RRT dapat bertemu guna membahas perkembangan terbaru di Laut China Selatan serta KTT Peringatan 25 tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-RRT.

Selain itu, Indonesia juga menyampaikan informasi mengenai insiden yang terjadi di wilayah perairan Natuna dan langkah tegas yang telah diambil oleh Pemerintah Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Negara anggota ASEAN menyampaikan pujian atas langkah tersebut dan simpati atas insiden yang terjadi.

Delegasi RI pada Pertemuan dimaksud dipimpin oleh M.I. Derry Aman, Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, sebagai Acting Ketua SOM ASEAN-Indonesia dengan didampingi oleh pejabat/staf dari Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, PTRI ASEAN dan KBRI Singapura.(Sumber : Dit MWAK)