Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Himbauan agar WNI di Sana'a, Yaman terus waspada berikut nomor kontak KBRI Sana'a     |       Warning kepada WNI yang akan bepergian ke Perancis dan negara Eropa lainnya untuk lebih berhati-hati dan cepat menghubungi KBRI atau Perwakilan RI terdekat jika terjadi apa-apa.     |       Unduh Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2015 di sini     |       Pengumuman Kelulusan Peserta Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri TA 2014 dari Pelamar Umum     |       Himbauan untuk WNI di Luar Negeri untuk Tidak Mengikuti Program Wajib Militer     |       Seruan Untuk Waspada Terhadap Upaya Penipuan yang Mengatasnamakan Menteri Luar Negeri RI      |       

Berita Terkini


2015 | 2014 | 2013 | 2012 | 2011 | 2010
 

Tiga Duta Besar Ungkap Potensi Kerja Sama di Forum Debriefing Kepala Perwakilan RI

Jumat, 30 Jan 2015

​​“Forum ini memberi kesempatan Kepala Perwakilan untuk menyampaikan pertanggung jawabannya kepada publik,” ujar Sekretaris BPPK, Alfred T. Palembangan, mewakili Kepala BPPK ketika membuka acara Forum Debriefing Kepala Perwakilan RI di Jakarta (29/01).

Business Dialogue di Kemlu RI: “Jangan tanggung-tanggung jika mau ekpansi ke Eropa Tengah dan Timur”

Jumat, 30 Jan 2015

​Jakarta. Sebagai upaya untuk meningkatkan Diplomasi Ekonomi, Kementerian Luar Negeri RI c.q. Direktorat Eropa Tengah dan Timur telah mengadakan pertemuan Business Dialogue "Promosi pasar Eropa Tengah dan Timur" dengan para pengusaha/perusahaan potensial nasional, dalam rangka peningkatan volume perdagangan dan upaya penetrasi pasar, Kamis (29/1).

Kemlu Libatkan Civil Society Organizations dalam Perumusan Agenda Pembangunan Global Pasca 2015

Jumat, 30 Jan 2015

Direktur Jenderal Multilateral, Dubes Hasan Kleib, mengadakan pertemuan dan dialog dengan civil society organisations (CSO) dan wakil dari beberapa Kementerian terkait bertempat di Kemlu RI (29/01). Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menjaring masukan dan pandangan dari CSO di Indonesia untuk perumusan posisi Pemerintah Indonesia dalam pembahasan Agenda Pembangunan Pasca 2015.

Partisipasi Perwakilan Indonesia di ASEAN Youth Summit 2015

Kamis, 29 Jan 2015

KBRI Manila berpartisipasi pada ASEAN Youth Summit 2015 yang diselenggarakan oleh De La Salle University (24/1). Konferensi yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Januari 2015 tersebut mengusung tema “Empowering ASEAN Youth Towards a Greater ASEAN Community”.

Sulawesi Barat Siap Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Kamis, 29 Jan 2015

​Mengimplementasikan Cetak Biru 3 Pilar Masyarakat ASEAN 2015, Direktorat Kerja Sama Fungsional ASEAN (Dit. KFA) menyelenggarakan rangkaian sosialisasi berupa kuliah umum, seminar, dan ASEAN Goes to School (AGtS) dengan tema “Menuju Masyarakat ASEAN 2015: Tantangan dan Peluang Provinsi Sulawesi Barat” di Mamuju (21-23/1).

Pertama Kali, RI-RRT Laksanakan Dialog Ekonomi Tingkat Tinggi

Rabu, 28 Jan 2015

​Hubungan bilateral RI-RRT mencetak sejarah baru dengan dilaksanakannya the 1st High Level Economic Dialogue di Beijing (26/1). Penyelenggaraan forum ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden RI, Joko Widodo dengan Presiden RRT, Xi Jinping di Beijing, 9 November 2014 lalu yang menyepakati adanya dialog tingkat tinggi untuk membahas isu ekonomi, investasi, perdagangan, infrastruktur, energi, dan keuangan.

Bicarakan Kondisi Politik Terkini, Para Dubes Asia Bertemu di Kairo

Jumat, 23 Jan 2015

​Duta Besar RI Kairo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Ambassador Group Meeting (20/01). Pertemuan yang bertempat di Wisma Duta Besar RI ini dihadiri oleh sekitar 25 duta besar dan perwakilannya dari negara-negara Asia, termasuk Australia dan Selandia Baru.

Kemlu Libatkan 28 Kepala Kantor Penghubung Daerah di Diplomasi RI

Jumat, 23 Jan 2015

​Direktorat Diplomasi Publik mengadakan pertemuan dengan 28 Kepala Kantor/Penghubung Pemerintah Provinsi se Indonesia di Kemlu RI (22/01). Forum Komunikasi ini akan diselenggarakan dua bulan sekali dengan mengangkat isu-isu atau tema-tema aktual yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama. Pertemuan pertama akan diselenggarakan bulan Februari 2015 yang akan dipimpin oleh Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu, Duta Besar Esti Andayani.

G20 Bisa Berperan Tingkatkan Perekonomian Nasional

Jumat, 23 Jan 2015

​“G20 masih sangat relevan dalam perekonomian global yang beberapa tahun belakangan ini mengalami resesi. G20 memiliki peran dalam menyehatkan perekonomian dunia secara keseluruhan.” Demikian paparan Denny Abdi dari Direktorat Pembangunan, Ekonomi, dan Lingkungan Hidup Kemlu RI pada Press Briefing “Upaya Meningkatkan Diplomasi Ekonomi”.

Dukung Diplomasi Ekonomi, Kemlu Bentuk Task Force Khusus

Jumat, 23 Jan 2015

​Jakarta – Sebagai langkah konkret penguatan diplomasi ekonomi Indonesia sebagaimana disampaikan dalam pidato Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (8/1/15), Kementerian Luar Negeri telah membentuk  Task Force Diplomasi Ekonomi dan memanfaatkan Forum G-20 untuk mengedepankan kepentingan nasional Indonesia, demikian disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha C. Nasir dalam konferensi pers, Kamis (22/1). Task Force  dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir.

New Caledonia Dukung UU Minerba Indonesia

Kamis, 22 Jan 2015

​Pierre Gugliermina, CEO Société Le Nickel (SLN), dalam pertemuan dengan Konjen RI Noumea, Widyarka Ryananta (21/01), mendukung penerapan Undang-Undang Minerba No.4 Tahun 2009, terutama soal kewajiban investor pertambangan membangun smelter di Indonesia.

Indonesia-Angola Terus Perkuat Kemitraan Ekonomi

Kamis, 22 Jan 2015

Guna mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral, Kementerian Luar Negeri RI c.q. Direktorat Afrika menyelenggarakan Business Roundtable “Optimizing Economic Potentials in the Cooperation between Indonesia and Angola” di Kemlu, Jakarta (21/1). Acara dihadiri oleh sejumlah pimpinan perusahaan Indonesia antara lain PT. WIKA, PT. Indo Energy, PT. Pupuk Indonesia, PT. Epiterma Mas Indonesia, KADIN Indonesia Komite Afrika, dan Asosiasi Pertambangan Indonesia. Sedangkan dari pebisnis Angola diwakili dua orang pimpinan group perusahaan Nova Angospencer Ltd yang bergerak di bidang pertambangan, konstruksi dan finacial. Bertindak sebagai nara sumber Duta Besar Angola untuk Indonesia, Mr. Fidelino L.J. Figuiredo dan Duta Besar Ramli Saud, mantan Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia.

New Caledonia Gemari Produk Ekspor Indonesia

Rabu, 21 Jan 2015

​Konsul Jenderal RI Noumea, Widyarka Ryananta, bertemu dengan Presiden Kamar Dagang dan Industri New Caledonia, Jennifer Seagoe (20/01). Produk Indonesia diminati karena kualitasnya yang baik didukung daya beli masyarakat New Caledonia yang cukup tinggi. Melalui Perusahaan Cocoge Distribution, produk makanan ringan dari Indonesia seperti Arnott’s dan produk toiletries laris di pasar New Caledonia.

Untuk Pahami Peran Indonesia Dalam Penyelesaian Konflik Internasional, Pelajar Sekolah Kunjungi Kemlu

Selasa, 20 Jan 2015

  Kemlu RI menerima kunjungan 60 pelajar dan guru Sekolah Menengah Cikal Amri, Cipayung Jakarta Timur (20/1). Tujuan kunjungan para pelajar tersebut adalah untuk mengetahui peran Indonesia dalam penyelesaian berbagai konflik internasional. Dalam kunjungan tersebut para pelajar menerima paparan yang disampaikan oleh dua pejabat Kemlu, yakni Reza Wiranata Atmadja dari Direktorat Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata dan Pinkan Tulung dari Direktorat Diplomasi Publik.

​Indonesia Serahkan Piagam Pengesahan Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas Batas

Selasa, 20 Jan 2015

​Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI menyerahkan Piagam Pengesahan atas Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas Batas (ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution/AATHP) kepada Sekretariat ASEAN (20/01).

Ratifikasi ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution di DPR RI

Selasa, 20 Jan 2015

​Menlu RI dan Menteri Lingkungan Hidup menghadiri Sidang Paripurna terkait Rancangan Undang-Undang tentang ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution/AATHP (Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas Batas) (16/01).

Gelar Peringatan 60 tahun KAA, Indonesia akan perjuangkan dukungan terhadap Palestina

Kamis, 15 Jan 2015

​Dukungan terhadap Palestina akan menjadi isu besar dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika ke-60 yang akan diselenggarakan Indonesia di Jakarta dan Bandung pada tanggal 19-24 April 2015. Hal tersebut diungkapkan Plh. Direktur Kerja Sama Intra Kawasan Asia Pasifik dan Afrika, Ferdy Piay pada acara Press Briefing yang diadakan di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri (15/01).

Kemlu akan Pulangkan 482 WNI Overstayers dari Arab Saudi

Kamis, 15 Jan 2015

​Jakarta - Kementerian Luar Negeri  c.q. Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) akan memulangkan WNI bermasalah dari Arab Saudi. Sebanyak 482 WNI menyalahi ijin tinggal (overstayers) akan dipulangkan ke tanah air pada Senin (19/1) mendatang. Pemulangan WNI ini sudah melalui proses dan prosedur formal dengan pihak terkait di Arab Saudi.

Dirjen IDP Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Bersama

Selasa, 13 Jan 2015

​Jakarta - Senin (12/01), bertempat di Ruang Sunda Kelapa, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Esti Andayani memimpin penandatanganan Pakta Integritas Bersama bagi Eselon II, III dan IV di lingkungan Direktorat Jenderal IDP sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Zona Integritas menuju wilayah Bebas Korupsi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI oleh Menteri Retno L.P. Marsudi pada  (16/12) lalu.

Duta Besar RI Tashkent temui Menlu Uzbekistan

Rabu, 07 Jan 2015

​Duta Besar baru RI untuk Republik Uzbekistan A. A. G. Alit Santhika diterima oleh Menlu Uzbekistan, H.E. Abdulazis Kamilov untuk menyerahkan copy Surat-Surat Kepercayaan sebagai Duta Besar RI (06/01). Pada saat pertemuan dibicarakan perkembangan hubungan bilateral kedua negara. Salah satu yang menjadi sorotan adalah sektor ekonomi, perdagangan dan investasi yang masih belum maksimal jika dilihat dari potensi yang dimiliki oleh kedua negara. Menurut Menlu Uzbekistan, landasan hubungan politik yang kuat yang telah terjalin selama ini, seharusnya dapat dijadikan dasar untuk lebih meningkatkan lagi hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi antara kedua negara.
12





AksesInvitesMajalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013Tabloid Diplomasi
Live PPTM 2015ppidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang Pandang
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangBuletin Jendela
Ayo Kita Kenal ASEANBSBI 2015Sambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Proses dan Tata Cara
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan