Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Terkini


2014 | 2013 | 2012 | 2011 | 2010
 

IACA Penting Bagi Pengembangan Kapasitas Dalam Upaya Pencegahan Korupsi Pada Tingkat Global

Senin, 24 Nop 2014

​Komitmen untuk mendukung pengembangan IACA sebagai institusi yang memiliki kapabilitas menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan riset dalam upaya pemberantasan korupsi pada tingkat global menjadi salah satu isu utama yang digarisbawahi dalam pandangan umum Indonesia pada sesi general discussion pada Pertemuan ke-3 Para Pihak pada Akademi Anti-Korupsi Internasional (3rd Assembly of Parties of the International Anti-Corruption Academy-IACA) yang diselenggarakan di Baku, Azerbaijan, tanggal 19-21 November 2014.

Kemlu Selenggarakan Pelatihan Maritim: The Ninth International Training on Maritime Boundary Delimitation

Senin, 24 Nop 2014

​Kementerian Luar Negeri mengadakan the Ninth International Training on Maritime Boundary Delimitation; sebuah pelatihan delimitasi batas maritim yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun dalam beberapa tahun terakhir. Pelatihan ini diselenggarakan di Bali sejak tanggal 18 November 2014 dan berlangsung selama 3 hari hingga 20 November 2014. Pelatihan diikuti oleh peserta dari berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses penetapan batas maritim dan kalangan akademisi dari berbagai universitas yang memiliki program studi hukum laut dan penetapan batas maritim.

Advisory Board AIPR Bahas Konflik dalam “Seminar on Conflict Types and Management”

Kamis, 20 Nop 2014

​Dalam rangka penguatan kapasitas ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (AIPR) telah diadakan “Seminar on Conflict Types and Management” di Tanjung Benoa, Bali (17-18/11). Kegiatan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN selaku unit rumpun AIPR bekerja sama dengan Direktorat Kerja Sama Teknik. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 2nd Meeting of the Advisory Board of AIPR dan diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari anggota Advisory Board AIPR, pejabat negara-negara anggota ASEAN dan organisasi internasional dan merupakan implementasi dari nota kesepahaman kerja sama triangular Indonesia – Belanda yang telah ditandatangani pada bulan November 2013.

Raising Public Awareness, Kunci Pencegahan Migrasi Ilegal

Kamis, 20 Nop 2014

​Hari Rabu (19/11) di Bali, tengah berlangsung pembukaan Regional Workshop Addressing Irregular Migration through Effective Information Campaign. Workshop yang digelar atas kerja sama antara Pemerintah Indonesia, Pemerintah Selandia Baru dan didukung oleh IOM serta Bali Process Regional Support Office (RSO) ini merupakan forum diskusi antar negara asal, negara transit dan negara tujuan  untuk mendesain kampanye efektif dan tepat dalam mencegah dan meminimalisir kemungkinan terjadinya migrasi ilegal.

Focus Group Discussion (FGD) Film Sebagai Aset Diplomasi Publik

Rabu, 19 Nop 2014

​Direktorat Diplomasi Publik, Ditjen IDP Kemlu RI akan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Film sebagai Aset Diplomasi Publik”, di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) pada Rabu, 25 November 2014.

Kemlu dan Kemkeu Selenggarakan Host Country Committee (HCC) Sub Committee II “Tax and Customs”

Selasa, 18 Nop 2014

​Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada hari Selasa, 11 November 2014 telah menyelenggarakan Host Country Committee Forum Sub Committee II bidang Perpajakan dan Kepabeanan.

Sosialisasikan Perjanjian Internasional, Kemlu – UPH Selenggarakan Seminar Nasional

Selasa, 18 Nop 2014

​Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan Seminar Nasional mengenai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional (UU PI) di Kampus Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang (17/11). Seminar tersebut diselenggarakan untuk membahas rencana perubahan Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional.

Kemlu dengan Perwakilan Kedubes Eropa Tengah dan Timur Bahas Upaya Realisasi Kerja Sama Konkret

Senin, 17 Nop 2014

​Direktorat Eropa Tengah dan Timur Kementerian Luar Negeri mengundang para  Duta Besar dan perwakilan Kedutaan Besar Negara-Negara Eropa Tengah dan Timur yang ada di Jakarta pada forum diskusi tinjauan kerja sama bilateral RI-Eropa Tengah dan Timur di Tangerang (13/11). Hadir pada diskusi ini 7 Dubes/Wakil Kedubes negara ETT di Indonesia, seperti Dubes Kroasia, Y.M. Drazen Margeta; Dubes Bosnia dan Herzegovina, Y.M. Fuad Sabeta; Dubes Armenia, Y.M. Anna Aghadjanian; KUAI Kedubes Serbia, Vukasin Todorovic; KUAI Kedubes Hongaria, David Ambrus; DCM Kedubes Belarus, Denis Kovalev dan DCM Kedubes Rusia, Alexander Shilin.

Untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Azerbaijan, Kemlu adakan Public Lecture di Baku

Senin, 17 Nop 2014

​Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar RI di Baku, Azerbaijan bekerja sama dengan Azerbaijan Diplomatic Academy University (ADA University) dan The Center of Indonesian Studies, Azerbaijan University of Languages pada tanggal 11 dan 12 November 2014 menyelenggarakan public lecture dengan tema Pemberdayaan Perempuan Dalam Pembangunan Nasional: Pengalaman Indonesia.

WNI Selamat, KBRI Lakukan Evakuasi Gelombang Keempat dari Yaman

Senin, 17 Nop 2014

​Dalam rangka perlindungan WNI, KBRI Sana’a kembali melakukan evakuasi di Yaman untuk gelombang keempat tanggal 15 November 2014. Evakuasi gelombang keempat diikuti oleh 20 orang WNI yang terdiri dari 14 laki-laki dan 6 perempuan. Kedatangan gelombang diharapkan tiba di Bandara Soekarno – Hatta tanggal 16 November 2014 pukul 13:05 WIB dengan nomor penerbangan IY 862.

Sesditjen Multilateral: Keanggotaan Indonesia Pada Organisasi Internasional Sektor Komoditas Perikanan dan Kehutanan Harus Dapat Dimanfaatkan Secara Optimal

Senin, 17 Nop 2014

​Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi dan HKI (PPIH) telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai “Keanggotaan Indonesia pada Organisasi Internasional Sektor Komoditas Perikanan dan Kehutanan” di Bandung.

Edukasi Publik, Kemenlu Sampaikan Pemahaman Polugri dan Teknik Negosiasi

Senin, 17 Nop 2014

​Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional (HPI) Kementerian Luar Negeri gelar edukasi publik terkait pelaksanaan politik luar negeri dan teknik negosiasi.

Pertemuan Kelompok Ahli (PKA) Bahas Peningkatan Hubungan Perdagangan RI-Nordik

Jumat, 14 Nop 2014

​Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Amerika Eropa (P3K2 Amerop) menyelenggarakan Pertemuan Kelompok Ahli (PKA) dengan tema “Meningkatkan Hubungan Perdagangan RI-Nordik”  di Bandung (10/11). Pertemuan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kajian Mandiri yang dilaksanakan oleh P3K2 Amerop.

KBRI New Delhi Pulangkan Nelayan WNI asal Aceh dari Penjara Porthapur, India

Kamis, 13 Nop 2014

​​KBRI New Delhi telah memulangkan Irwan Saputra, nelayan Indonesia berusia17 tahun asal Aceh, setelah dibebaskan dari penjara Porthapur, kota Port Blair, Andaman & Nicobar, India (08/11). Irwan sempat menjalani hukuman selama 6 bulan bersama dengan ayah a.n. Kamarulzaman dan kakaknya a.n. Aan Anzarna.​

Imigrasi Malaysia Pulangkan WNI Korban Kapal Karam Perairan Bandar Penawar, Johor

Kamis, 13 Nop 2014

​Imigrasi Malaysia telah melakukan pendeportasian 10 WNI korban kapal karam Perairan Bandar Penawar dari Depo Pasir Gudang bersamaan dengan 307 WNI lainnya (06/11). Mereka dikenakan Perintah Tahan Usir (PTU) tanpa menunggu proses Mahkamah. Kesepuluh WNI tersebut adalah: Abdullah, Nor Ali, dan Rifai (Jawa Timur); Vidayathi, Wira Kasuma, Linda Wati, Sunardi, dan Mini Rukmini (Sumatera Utara); Masriya (Lombok Timur); Hanto Iaki (Jawa Barat) dan Masriya (Lombok Timur).

Tur Diplomatik Hari Pangan Sedunia: Mempromosikan Potensi Sulawesi Selatan Kepada Korps Diplomatik

Rabu, 12 Nop 2014

Diplomatic Tour: Acara Puncak Hari Pangan Sedunia
​“Melalui kunjungan ke Sulawesi Selatan, kami dapat lebih mengenal sejarah Indonesia, yang kemudian diharapkan dapat lebih mempromosikan dan mempererat kerjasama Indonesia dengan negara sahabat”, hal itu diungkapkan Yang Mulia Kouily A. Souphaket, Duta Besar Laos untuk Indonesia yang hadir pada Tur Diplomatik dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-34 di Makassar, Sulawesi Selatan, 5-6 November 2014.

Update Penanganan Kasus Pembunuhan WNI di Hong Kong (10 November 2014)

Senin, 10 Nop 2014

​​Dua jenazah WNI a.n. Seneng Mujiasih asal Kabupaten Muna dan Sumarti Ningsih asal Kabupaten Cilacap akan tiba esok hari, 11 Nov 2014, jam 13.20.

Buka Seminar Keselamatan Nuklir ASEM, Dirjen AMEROP Tekankan Pentingnya Berbagi Informasi dan Kerja Sama

Minggu, 09 Nop 2014

Pentingnya berbagi informasi dan kerja sama erat dalam isu-isu keselamatan nuklir menjadi pokok pandangan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Dian Triansyah Djani, pada pembukaan Seminar Asia-Europe Meeting (ASEM) Ketiga tentang Keselamatan Nuklir di Yogyakarta, tanggal 4-6 November 2014.

Tiga Jenazah Korban Banjir dan Tanah Longsor di Cameron Highlands akan Segera Dipulangkan

Minggu, 09 Nop 2014

​Jenazah salah satu dari tiga korban banjir dan tanah longsor di Cameron Highlands atas nama Hanipan sore ini (08/11) akan dipulangkan ke Surabaya melalui Jakarta. Jenazah diperkirakan akan tiba di Surabaya tengah malam nanti. Sementara istri korban, Sunami, untuk sementara ditampung di KBRI Kuala Lumpur menunggu pengurusan exit permit karena yang bersangkutan tidak memiliki izin tinggal yang sah (undocumented).

KBRI Kuala Lumpur Bantu WNI Korban Banjir dan Tanah Longsor di Cameron Highland

Sabtu, 08 Nop 2014

​Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Cameron Highlands, Negara Bagian Pahang, dilaporkan menelan 5 (lima) orang korban jiwa. Berdasarkan komunikasi KBRI dengan kepolisian setempat dan  pihak rumah sakit, 3 orang korban yang diketemukan pada hari ini (07/11) sekitar pukul 11.00 siang merupakan warga negara Indonesia atas nama Hanipan (laki-laki 40 tahun) dan pasangan suami istri Suwalif (41 tahun) dan Yunita (40 tahun). Ketiga korban saat ini masih berada di rumah sakit Cameron Highlands.
123456




AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
UNAOC6ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANSambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015Pusdiklat
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan