Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Terkini


2014 | 2013 | 2012 | 2011 | 2010
 

Kepala BPPK: “Indonesia terus Kembangkan Rasa Saling Percaya Melalui Kerja Sama di Laut Tiongkok Selatan”

Jumat, 17 Okt 2014

Negara-negara yang terlibat dalam sengketa wilayah di Laut Tiongkok Selatan mengakui pentingnya terus melaksanakan proyek-proyek kerja sama yang bermanfaat bagi penduduk negara-negara di kawasan, dan kerja sama ini sekaligus membangun rasa saling percaya yang pada gilirannya diharapkan dapat meredam potensi konflik dan mencapai solusi atas sengketa wilayah di kawasan tersebut.​

Zero Tolerance, Posisi Indonesia di Kekerasan terhadap Wanita

Kamis, 16 Okt 2014

“Dalam sejarah Indonesia, perempuan telah menduduki berbagai posisi strategis, termasuk Presiden, anggota Parlemen, Menteri dan Hakim, dengan demikian memastikan bahwa suara perempuan didengar dan turut membentuk perkembangan negara”. Hal tersebut telah ditegaskan Indonesia di debat utama  Inter-Parliamentary Union/IPU ke-131 dengan tema “Achieving Gender Equality, Ending Violence Against Women” (15/10).

​​Sinergi Antar Pilar dan Ebola, Dua Fokus RI di SOM ASEAN

Kamis, 16 Okt 2014

​Indonesia mengikuti serangkaian pertemuan antara para Pejabat Tinggi (SOM) negara anggota ASEAN di Nay Pyi Taw, Myanmar (9-11/10), membahas berbagai macam isu, mulai dari visi ASEAN pasca 2015 sampai dengan penanganan virus ebola.

​​RI sebagai Wakil Ketua, Blue/Ocean Economy Jadi Isu Penting di IORA

Jumat, 10 Okt 2014

Indonesia menjadi Co-Chair IORA Council of Ministers (COM) ke-14 di Perth (6-9/10). Isu blue/ocean economy menjadi salah satu agenda utama yang mengemuka pada pertemuan dengan tema Promoting Prosperity in the Indian Ocean: the Blue Economy.

Kerja Sama Teknik, RI Berikan Asistensi pada MSG

Senin, 06 Okt 2014

​Tujuh siswa dari negara anggota MSG: Fiji, Solomon Islands dan Vanuatu resmi mengikuti Pendidikan Usaha Perikanan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Waiheru, Ambon. Ketujuh siswa tersebut akan belajar selama 2,5 bulan dibawah program “Scholarship Program on Fisheries and Marine Human Resource Development for MSG Members” (01/10-15/12).

ISIS dan Palestina, Indonesia Utamakan Soft Diplomacy

Senin, 06 Okt 2014

Soft diplomacy dipandang lebih efektif dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam memainkan perannya di dunia internasional dalam mengantisipasi isu gerakan Islamic States of Iraq and Syria (ISIS) dan Konflik Palestina-Israel menurut FKKLN BPPK Aspasaf di Bandung (02/10).

“Soft Power untuk Aceh” Raih Penghargaan Buku Terbaik Tahun 2014

Jumat, 03 Okt 2014

Duta Besar Dr. Darmansjah Djumala memenangkan penghargaan Pemenang II dalam acara Pemilihan Buku (Pustaka) Terbaik Tahun 2014 oleh Perpustakaan Nasional RI untuk buku berjudul “Soft Power untuk Aceh: Resolusi Konflik dan Politik Desentralisasi” (01/10).

RI Ratifikasi Asean Agreement on Transboundary Haze Pollution

Rabu, 24 Sep 2014

​Indonesia meratifikasi ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution (Persetujuan ASEAN Tentang Pencemaran Asap Lintas Batas) melalui rapat paripurna di DPR RI (16/09).

29th ASEAN-Japan Forum: Tanggulangi Kejahatan Transnasional dan Heart-to-Heart Partner

Selasa, 09 Sep 2014

”Indonesia mendorong peran aktif Jepang dalam menjaga stabilitas, perdamaian, dan keamanan di kawasan. Jepang hendaknya dapat secara transparan dan konstruktif menyampaikan kebijakan pertahanannya yang baru untuk memperkokoh perannya di kawasan dalam mengembangkan dialog strategis di berbagai tingkatan sebagai bagian dari confidence building measures dan preventive diplomacy di kawasan.” demikian disampaikan oleh Ketua SOM ASEAN-Indonesia, Dirjen Kerja Sama ASEAN, I Gusti Agung Wesaka Puja di 29th ASEAN-Japan Forum di Tokyo, Jepang (4/09).

Perbaiki Persepsi Keliru, Kemlu RI Adakan Forum Kajian Kebijakan Polugri

Senin, 08 Sep 2014

Afrika yang dipersepsikan sebagai kawasan yang masih penuh konflik merupakan refleksi dari kurangnya public awareness masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya pemberitaan yang up-to-date mengenai perkembangan benua hitam tersebut. Afrika sebenarnya kawasan yang menjanjikan pasar potensial bagi produk ekspor Indonesia. Demikian disampaikan Kepala BPPK di Al-Azhar, Jakarta. (03/09).

Meriahnya ASEAN Corner di UNAOC6 Bali

Senin, 08 Sep 2014

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN membuka ASEAN Corner selama pelaksanaan Global Forum ke-6 United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) di Nusa Dua, Bali (28-30/08).

Bertemu dengan Gubernur Guangdong, Menparekraf Bahas Kerjasama Pariwisata RI-RRT

Selasa, 02 Sep 2014

​Perlunya fasilitasi perjalanan wisatawan yang cepat dan aman (fast and secure travel) untuk meningkatkan arus wisatawan antar kedua negara mengemuka dalam pertemuan bilateral antara Menparekraf, Mari Elka Pangestu, dengan Gubernur Provinsi Guangdong, Zhu Xiaodan sesaat sebelum pembukaan China (Guangdong) International Tourism Industry Expo (CITIE) 2014 di Guangzhou (29/08).

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan High Level Task Force Guna Memperkuat Sekretariat ASEAN

Selasa, 02 Sep 2014

​Dalam rangka mempersiapkan pembentukan Komunitas ASEAN Tahun 2015, ASEAN membentuk Kelompok Kerja Tingkat Tinggi (High Level Task Force) yang menyusun rekomendasi penguatan Sekretariat ASEAN di Jakarta dan meningkatkan efektivitas koordinasi berbagai Badan Sektoral ASEAN. Pertemuan ke-5 HLTF yang diselenggarakan di Bali (25-28/08) ini dihadiri oleh seluruh Wakil HLTF ASEAN serta Sekretariat ASEAN.

Luncurkan Buku di Kemlu RI, Prof Amitav: Indonesia Inspirasi di Awal Abad 21

Rabu, 20 Agust 2014

Kemlu RI melangsungkan acara peluncuran buku “Indonesia Matters: Asia’s Emerging Democratic Power” karya Prof. Amitav Acharya, Guru Besar Hubungan Internasional di American University, Washington D.C., dan Presiden Asosiasi Pakar Hubungan Internasional Sedunia (13/08).

Wamenlu Dino: Diplomat Muda Harus Policy Capable

Rabu, 13 Agust 2014

​​“Jadilah diplomat muda yang policy capable, mereka yang mampu menjalankan dan mengerti kebijakan yang telah ditetapkan, apapun kebijakannya”. Pernyataan ini disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Pati Djalal dalam forum diskusi bersama para diplomat muda atau yang ia sebut sebagai diplomat ‘rookie’ di Ruang Jayakarta, Rabu sore (13/08).

Kemlu Paparkan Skema Penyaluran Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Jumat, 08 Agust 2014

​Guna memberikan gambaran mengenai bantuan Indonesia ke Gaza, Kementerian Luar Negeri Direktorat Timur Tengah melaksanakan “Diseminasi Skema Penyaluran Bantuan Kemanusiaan Masyarakat Indonesia ke Gaza, Palestina” di Ruang Sunda Kelapa (7/08).

Peresmian Kedubes di Jakarta, Tonggak Awal Penguatan Kerja Sama RI-Solomon Island

Jumat, 08 Agust 2014

​Perdana Menteri Solomon Islands (SI) Gordon Darcy Lilo meresmikan kantor Kedutaan Besar Solomon Island (SI) di Jakarta (05/08). Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI.

RI Hadiri KTT ke-10 Komunitas Negara Berbahasa Portugis di Dili

Jumat, 25 Jul 2014

​Dili, 23 Juli 2014 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mewakili Pemerintah RI memenuhi undangan Pemerintah Timor Leste yang menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-10 Comunidade dos Países de Língua Portuguesa (CPLP) atau Komunitas Negara Berbahasa Portugis di Dili, Timor Leste (23/07). Pasca kemerdekaan Timor Leste, CPLP turut membantu dalam pembangunan keadilan dan administrasi publik di Timor Timur.

Luncurkan Database, Inovasi Direktorat KST Perkuat Diplomasi Indonesia

Rabu, 23 Jul 2014

Alunan lagu Masquerade mengalun menyambut hadirin di Peluncuran Database Kerja Sama Selatan – Selatan dan Triangular (KSST) di Ruang Nusantara, Kemlu RI (21/07).

Ramadan in ASEAN, Cara Museum KAA Sambut Komunitas ASEAN 2015

Senin, 21 Jul 2014

​“Sampurasun!” Demikian Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI menyapa hadirin dalam acara bertajuk Ramadhan in ASEAN di Bandung, Jawa Barat (19/07).
12345




AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
UNAOC6ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANQuAs edisi 4Sambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan