Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Teleconference Strategi Rekrutmen Staf Profesional IAEA      |       Himbauan agar WNI di Sana'a, Yaman terus waspada berikut nomor kontak KBRI Sana'a     |       Warning kepada WNI yang akan bepergian ke Perancis dan negara Eropa lainnya untuk lebih berhati-hati dan cepat menghubungi KBRI atau Perwakilan RI terdekat jika terjadi apa-apa.     |       Unduh Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2015 di sini     |       Himbauan untuk WNI di Luar Negeri untuk Tidak Mengikuti Program Wajib Militer     |       Seruan Untuk Waspada Terhadap Upaya Penipuan yang Mengatasnamakan Menteri Luar Negeri RI      |       

Berita Terkini

Kemlu Gelar Pameran Lambang Negara

Kamis, 19 Juli 2012

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menggelar Pameran ‘Sejarah Lambang Negara Garuda’. Eksibisi tersebut secara resmi dibuka hari ini (19/7) di Gedung Pancasila, Kemlu.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme generasi muda,” ujar Sekretaris Jenderal Kemlu, Budi Bowoleksono, dalam pidatonya. Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi penting dan relevan untuk menambah wawasan sejarah peserta.

Melalui pameran ini pula, Kemlu ingin memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melihat Gedung Pancasila. “Agar dapat mengenal lebih dekat Gedung Pancasila dan sejarahnya,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Dubes A.M. Fachir.

Pengunjung dapat mengikuti tur Gedung Pancasila yang juga menjadi saksi kelahiran lambang negara Indonesia. Panitia telah mempersiapkan sejumlah pemandu yang terdiri dari para diplomat muda Kemlu.

Pameran hasil kerja sama Direktorat Diplomasi Publik, Museum Konferensi Asia Afrika, dan Rumah Garuda ini baru pertama kali digelar. Selama pelaksanaannya, pengunjung dapat melihat 20 panel tentang lambang negara, mulai dari proses desain, biografi perancang, dan sketsa awalnya.

Selain itu, ditampilkan pula berbagai koleksi tiga dimensi mengenai lambang negara Garuda. Koleksi tersebut dipinjamkan oleh Bapak Nanang Rachmat Hidayat, pemilik ‘Rumah Garuda’ di Yogyakarta.

Masyarakat juga dapat menyaksikan film dokumenter yang disiapkan oleh panitia. Suguhan audio visual tersebut memberikan gambaran proses awal perancangan lambang negara kepada pengunjung.

Film bertemakan lambang negara yang berdurasi selama 10 menit itu menampilkan gagasan awal, sayembara melukis, pembentukan panita, rancangan lambang dari Muhammad Yamin dan Sultan Hamid II, serta evolusi desain hingga saat ini.

Sesi pembukaan pameran dihadiri oleh tamu-tamu yang berasal dari berbagai kalangan. Kemlu mengundang sejarawan, akademisi, mahasiswa, pelajar, instansi pemerintah, dan media massa.

Eksibisi akan terus digelar mulai hari ini hingga 14 Agustus 2012 di Gedung Pancasila Kemlu, Jalan Pejambon No. 6, Jakarta Pusat. Pengunjung dapat hadir dan memelajari lebih jauh tentang lambang negara setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis, pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Informasi lebih lanjut, hubungi (021) 3441508. (Sumber : Dit. Infomed/PLE/Nik)

 

Timeline Proses Perancangan Lambang Garuda Pancasila

 








AksesInvitesMajalah QuAsTabloid Diplomasippid
Buletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangBuletin JendelaAyo Kita Kenal ASEANBSBI 2015
Sambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Proses dan Tata CaraPerpustakaan Hukum Kementerian Luar NegeriExploring Africa
Sejarah Diplomasi RIPerpustakaan Ali AlatasBKPMASEAN CharterBadan Narkotika Nasional RI
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan