Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama


2014 | 2013 | 2012 | 2011 | 2010 | 2009 | 2008 | 2007 | 2006 | 2005 | 2004
 

Menlu RI: Perlindungan WNI-BHI adalah Prioritas Politik Luar Negeri Indonesia

Kamis, 18 Des 2014

Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) di luar negeri adalah salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia, sesuai dengan visi-misi Presiden RI, yang juga merupakan visi Kementerian Luar Negeri,” tegas Menlu RI ketika membuka Rakor Perlindungan WNI dan BHI dengan Perwakilan Citizen Service di Ruang Nusantara, Kemlu RI (17/12).

Jelang Terbentuknya Masyarakat ASEAN 2015, Indonesia Manfaatkan Peluang MEA

Kamis, 18 Des 2014

​“Masyarakat Ekonomi ASEAN menyimpan peluang yang dapat dimanfaatkan dan dimenangkan oleh Indonesia jika masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan peluang yang ada,” demikian disampaikan Dirjen Kerja Sama ASEAN (KSA) I Gusti Agung Wesaka Puja di Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Sekretariat Nasional ASEAN jelang pembentukan Masyarakat ASEAN 2015 di Ruang Nusantara, Kemlu RI (16/12)

Sikap Pemerintah Indonesia atas Penyerangan Sekolah oleh Kelompok Bersenjata di Peshawar, Pakistan

Selasa, 16 Des 2014

Pada tanggal 16 Desember 2014 , sekitar pukul 10.30 waktu setempat (08.30 WIB) telah terjadi serangan terhadap sekolah milik Angkatan Darat Pakistan di Peshawar, Pakistan oleh kelompok bersenjata. Pemerintah Indonesia mengutuk tindakan tidak berperikemanusiaan tersebut, yang tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun.

Kementerian Luar Negeri Bangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Selasa, 16 Des 2014

Pada tanggal 16 Desember 2014, bertempat di Gedung Pancasila, Jakarta, Kementerian Luar Negeri telah menyelenggarakan acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Kementerian Luar Negeri. Pencanangan ini merupakan bentuk komitmen kuat dan langkah pasti Kemlu dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government).

Sikap Pemerintah Indonesia terkait Peristiwa Penyanderaan di Sydney, 15 Desember 2014

Senin, 15 Des 2014

Pada tanggal 15 Desember 2014, telah terjadi peristiwa penyanderaan terhadap sejumlah pegawai dan pengunjung di Lindt Chocolate Café, Martin Place, Sydney, New South Wales, Australia. Peristiwa ini terjadi sejak pukul 09.00 waktu setempat (05.00 WIB) dan masih berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

Berbagi dengan Sesama, Kemlu Jadi ‘Donor’ PMI

Jumat, 12 Des 2014

Wamenlu melakukan donor darah dalam rangka menyambut Natal Kementerian Luar Negeri (12/12/2014)/Rasto
Puluhan staf Kemlu dari berbagai kalangan dan agama telah mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI), DKI Jakarta dalam rangka menyambut Natal Kementerian Luar Negeri Tahun 2014.

Menlu RI Desak Sajo Industries untuk Penuhi Semua Kewajiban

Rabu, 10 Des 2014

Menlu RI telah mendesak Sajo Industries, pemilik kapal Oryong 501, untuk memenuhi semua kewajiban terhadap ABK WNI. Hal ini ditegaskan oleh Menlu RI dalam pertemuan dengan Sajo Industries di Busan tanggal 10 Desember 2014.

Kunjungan Delegasi Egypt-Indonesia Business Council (EIBC) untuk Peningkatan Ekonomi RI-Mesir

Rabu, 10 Des 2014

Sebagai bagian dari upaya untuk terus menjaga serta meningkatkan nilai perdagangan dan investasi Indonesia-Mesir maupun sebaliknya, Wakil Menteri Luar Negeri RI didampingi oleh Direktur Timur Tengah, Dubes RI untuk Mesir, Bapak Nurfaizi Suwandi, serta pejabat Kemlu RI telah menerima kunjungan Mr. Mohamed Baraka, Ketua EIBC (10/12).

Menlu RI Selfie Dengan Jurnalis

Selasa, 09 Des 2014

Pada hari Jum’at (5/12) lalu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi berkesempatan melakukan santap siang dengan jurnalis Pos Kemlu di sebuah Restoran di daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Santap siang kali itu sengaja diadakan untuk lebih mendekatkan hubungan baik antara wartawan pos Kemlu dari media nasional dan asing dengan Ibu Menteri Luar Negeri.

Pemerintah RI dan Operator Seluler di Indonesia Kerja Sama Tingkatkan Perlindungan kepada WNI di Luar Negeri

Senin, 08 Des 2014

Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, bersama dengan 4 (empat) operator seluler di Indonesia sepakat tingkatkan upaya perlindungan kepada WNI di luar negeri.

Foreign Policy Breakfast, Menlu Undang Akademisi

Senin, 08 Des 2014

Hari Kamis lalu (4/12) Kementerian Luar Negeri memulai kembali tradisi lama mengundang pemangku kepentingan terkait untuk duduk bersama dalam forum Foreign Policy Breakfast. Forum Foreign Policy Breakfast atau sarapan pagi bersama Menteri Luar Negeri dan jajaran Eselon I di lingkungan Kementerian Luar Negeri ini dilakukan untuk mendengarkan masukan dan berdiskusi dengan para pakar membahas kebijakan luar negeri Indonesia agar berjalan dengan optimal.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Resmikan Empat Sekolah di Rakhine State, Myanmar

Senin, 08 Des 2014

Empat sekolah bantuan Pemerintah RI di Myanmar diresmikan Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, Senin (8/12). Sekolah yang dibangun dengan dukungan dana total US$ 1 juta itu terletak di tiga desa Rakhine, negara bagian yang dilanda konflik komunal antara 2012 hingga Juni 2014. Kempat sekolah yang dibangun terletak di Desa Thaykan dan Desa Sanbalay, Minbya Township dan dua lainnya terletak di Desa Mawrawaddy, Maungdaw Township serta di Desa Buthidaung, Thapyaygone Township.

Pemerintah Provinsi Rakhine State, Myanmar ingin belajar penyelesaian konflik dari Ambon, Indonesia

Senin, 08 Des 2014

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, A.M. Fachir telah melakukan kunjungan ke Myanmar dalam rangka meresmikan 4 sekolah bantuan Pemerintah RI (07/12). Dalam kunjungan tersebut, Chief Minister of Rakhine State, U Maung Maung Ohn menyampaikan bahwa dirinya baru saja berkunjung ke Ambon serta keinginan untuk belajar dari pengalaman Pemerintah RI, yang dinilai sukses dalam mengelola kehidupan masyarakat yang harmonis.

Menlu RI dan Menlu Korsel bahas tindak lanjut penanganan ABK WNI korban kapal Oryong 501

Jumat, 05 Des 2014

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hari ini (5/12) kembali melakukan pembicaraan dengan Menlu Korsel mengenai penanganan dan tindak lanjut para ABK WNI korban tenggelamnya kapal Oryong 501. Menlu Korsel menyampaikan bahwa hingga saat ini jumlah WNI yang berhasil ditemukan sebanyak 15 orang, 3 orang dalam kondisi selamat dan 12 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. 3 orang yang selamat dilaporkan dalam kondisi baik.

Menlu RI Menutup Diklat Sesparlu dan Sesdilu: Welcome Back to Pejambon

Rabu, 03 Des 2014

“Welcome Back to Pejambon” kata Menlu Retno Marsudi kepada para peserta ketika menutup Diklat Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu) Angkatan ke-51 dan Diklat Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-53 di Gedung Pancasila, Kemlu RI (2/12).

Menlu Tindaklanjuti e-Blusukan

Selasa, 02 Des 2014

Hari Minggu lalu Jokowi melakukan blusukan dengan beberapa kelompok TKI di luar negeri. Tidak mau buang waktu, hari berikutnya, Senin (1/12), Menlu Retno Marsudi melakukan follow-up dengan beberapa Duta Besar.

Upaya penyelamatan 35 ABK WNI di Kapal Oryong 501

Selasa, 02 Des 2014

Kapal ikan Korea Selatan Oryong 501 tenggelam di Laut Bering, Rusia pada tanggal 1 Desember 2014 sekitar pukul 12.00 WIB. Diantara 60 anak buah kapal (ABK) di kapal tersebut, terdapat 35 ABK asal Indonesia dan yang lainnya berasal dari Korea Selatan, Filipina dan Rusia.

Menlu Sambut 36 WNI dari Suriah di Bandara Soekarno-Hatta

Jumat, 28 Nop 2014

Penyambutan TKI asal Suriah 28 November 2014
Menlu sambut kedatangan 36 WNI yang dievakuasi dari Suriah malam ini (28/11/2014) di TKI Lounge Bandara Soekarno-Hatta. Segera setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Menlu akan menyerahterimakan kepada Kepala BNP2TKI untuk proses pemulangan ke daerah asal masing-masing.

Indonesia Pertegas Kembali Dukungan dan Solidaritas Pemerintah dan Bangsa Indonesia untuk Palestina

Jumat, 28 Nop 2014

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan penuh Indonesia pada visi two-state solution dimana Palestina yang merdeka, berdaulat dan demokratis hidup berdampingan secara damai dengan negara-negara tetangga.

Indonesia Akan Mengarusutamakan Isu Pencurian Ikan dan Kejahatan Lingkungan Lain dalam Forum PBB

Jumat, 28 Nop 2014

Direktur Jenderal Multilateral, Kemlu, Duta Besar Hasan Kleib (berdiri) menyampaikan sambutan pembukaan pada Seminar Nasional Refleksi Presidensi Indonesia pada Konferensi Para Pihak pada Konvensi Menentang Kejahatan Transnasional Terorganisir serta Tanta
“Indonesia akan memprioritaskan pencegahan dan pemberantasan illegal, unregulated, unreported fishing, perdagangan satwa liar dan hasil hutan serta pembalakan liar, dalam kerangka kerja sama multilateral di bawah payung Konvensi PBB Menentang Kejahatan Transnasional Terorganisir (UNTOC),” demikian disampaikan oleh Hasan Kleib, Direktur Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri RI.
123456...Last




AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali Alatas
PeluangAyo Kita Kenal ASEANSambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan