Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

​Tandatangani Perjanjian Bebas Visa, RI-Georgia Tingkatkan Hubungan Bilateral

Rabu, 06 Nopember 2013

Tingkatkan hubungan bilateral Indonesia–Georgia, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kemlu, Dubes Dian Triansyah Djani tandatangani Persetujuan Bebas Visa untuk Paspor Diplomatik dan Dinas Indonesia-Georgia dengan Deputi Menteri Luar Negeri Georgia, David Jalagania, di Bali dalam kerangka Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-2 (6/11).

Dalam FKB tersebut telah dibahas berbagai usulan untuk peningkatan hubungan antara Georgia dan Indonesia, baik di bidang politik dan keamanan, ekonomi dan perdagangan maupun sosial dan budaya.

Meskipun terjadi kenaikan nilai perdagangan sebesar 40% dari tahun sebelumnya, ditekankan bahwa potensi yang ada di antara kedua negara memungkinkan peningkatan hubungan yang lebih intens mengingat total perdagangan baru mencapai US$ 58 Juta untuk tahun 2012.

Ditekankan pentingnya peningkatan hubungan perdagangan melalui cara-cara inovatif, meningkatkan hubungan antar Kamar Dagang maupun dalam bentuk promosi ekspor dan saling kunjung.

Secara khusus, Georgia menghimbau agar Indonesia dapat menggunakan Georgia sebagai pintu masuk (hub) untuk wilayah Eropa Timur, menyadari kedekatannya dalam pengelompokan negara-negara GUAM (Georgia, Ukraina, Azerbaijan, Moldova).

"Kami mengharapkan agar Georgia investasi di Indonesia mengingat pasar ASEAN yang terdiri dari 600 juta penduduk dengan terbentuknya ASEAN Economic Community tahun 2015", tandas Dirjen Dian.

Kedua pejabat sepakat untuk meningkatkan people to people interaction dengan mendorong kerja sama lebih erat di bidang pariwisata, museum dan arkeologi, serta pendidikan khususnya pertukaran beasiswa dimana Indonesia menawarkan program Darmasiswa untuk warga negara Georgia agar lebih mengenal Indonesia.

Georgia menawarkan kerja sama yang lebih erat di bidang olahraga mengingat memiliki kelebihan di olahraga Judo dan Gulat. Di lain pihak, Indonesia menyampaikan bahwa banyak pelatih Indonesia yang telah meningkatkan prestasi negara-negara Eropa dalam olahraga Badminton.

Forum Konsultasi Bilateral (FKB) adalah pertemuan formal pada tingkat pejabat tinggi/Deputi Menteri kedua negara guna membahas kerja sama bilateral di berbagai bidang. 

FKB pertama dilaksanakan di Georgia pada bulan Februari 2007. Deputi Menteri David Jalagania selain menghadiri pertemuan FKB ke-2, juga mewakili Georgia pada pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 November 2013. Georgia merupakan negara berpenduduk 4,6 juta orang dengan tingkat pertumbuhan 6,2% tahun 2012. (Sumber: Ditjen Amerop)






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali Alatas
PeluangAyo Kita Kenal ASEANSambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan