Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Para Pejabat Senior Dari Tiga Pilar ASEAN Bahas Persiapan KTT di Brunei Darussalam

Kamis, 12 September 2013

Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN tahun 2013 menyelenggarakan rangkaian pertemuan ASEAN dalam rangka persiapan KTT ASEAN ke-23, KTT ke-16 ASEAN Plus Three (APT), dan East Asia Summit (EAS) ke-8, pada bulan Oktober mendatang. Rangkaian pertemuan diikuti oleh para Senior Officials ketiga pilar Komunitas ASEAN yaitu ASEAN Senior Officials’ Meeting (SOM), Senior Economic Officials Meeting (SEOM) dan Senior Officials‘ Committee for ASCC Council (SOCA) dari seluruh negara anggota ASEAN, dan Mitra Wicara ASEAN serta perwakilan dari Sekretariat ASEAN (8-11/09).

 

Kegiatan diawali dengan pertemuan masing-masing pilar SOM, SEOM, dan SOCA. Pertemuan SOM telah membahas persiapan KTT ASEAN ke-23, perkembangan terkait ASEAN Community Building dan implementasi Piagam ASEAN, serta ASEAN external relations.

Pada kesempatan yang sama, pertemuan SEOM telah membahas antara lain finalisasi laporan ASEAN Economic Community Council (AECC) kepada ASEAN Leaders yang akan disampaikan pada KTT mendatang, isu-isu streamlining pertemuan ASEAN dibawah AEM dan AECC, serta kepemimpinan Working Group on Investment pada perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Sementara itu, pertemuan SOCA difokuskan pada pembahasan mengenai perkembangan Report of the ASCC Blueprint Mid-Term Review, Declarations/Outcome Documents KTT ASEAN ke-23 di bawah pilar Sosial Budaya, serta persiapan Pertemuan ke-4 ACCWG.

 

Pertemuan Joint Preparatory Meeting (JPM) membahas berbagai persiapan substantif dan teknis untuk penyelenggaraan rangkaian KTT ASEAN ke-23 pada bulan Oktober 2013. Pertemuan juga membahas naskah berbagai dokumen yang akan dihasilkan KTT mendatang.

Dalam kesempatan ini, seluruh negara anggota ASEAN telah mengindikasikan kehadiran Kepala Negaranya dalam KTT. Berbagai isu yang akan diangkat dalam pertemuan para Kepala Negara akan meliputi topik-topik mengenai ASEAN Community 2015 and beyond, Sentralitas ASEAN dan Kerjasama dengan Mitra Eksternal, serta isu-isu regional dan global lainnya.

Selain KTT ASEAN ke-23, rangkaian kegiatan KTT pada bulan Oktober mendatang juga akan terdiri dari KTT ASEAN dengan Jepang, Republik Korea, RRT, India, Amerika Serikat, serta KTT ASEAN dengan PBB, KTT ASEAN Plus Three (Jepang, RRT, Republik Korea), dan East Asia Summit.

 

ASEAN Coordinating Councils Working Group (ACCWG) diberi mandat untuk membahas aplikasi Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN, telah melaksanakan pertemuan ke-4.

Pertemuan difokuskan pada pembahasan persiapan studi mengenai aspek-aspek dan implikasi apabila Timor Leste menjadi anggota ASEAN, khususnya pada pilar Politik-Keamanan dan pilar Sosial Budaya.

 

Selain pertemuan di atas, juga telah diselenggarakan Pertemuan SOM ASEAN Plus Three yang membahas persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN Plus Three (Jepang, RRT, Republik Korea), serta Pertemuan SOM East Asia Summit (EAS) yang membahas beberapa agenda antara lain tindak lanjut Pertemuan para Menteri Luar Negeri EAS pada bulan Juli yang lalu, serta persiapan KTT EAS ke-8, tanggal 10 Oktober 2013.  (Sumber : Ditjen Kerjasama ASEAN )






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
UNAOC6ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANSambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015Pusdiklat
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan