Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Perwakilan

KJRI Ho Chi Minh City

PPLN HCMC Sosialisasikan Persiapan Pemilu 2014 di HCMC dan Provinsi Binh Duong, Vietnam

29 Juli 2013

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan KJRI HCMC pada 27 Juli 2013 menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis persiapan Pemilu 2014 di lobby KJRI HCMC. Sosialisasi juga dilakukan kepada warga Indonesia yang berdomisili di provinsi Binh Duong, pada 28 Juli 2013 di balai pertemuan Phuong Nam, provinsi Binh Duong.
Dalam kata sambutannya Acting Konjen Dalton Sembiring menyampaikan, Pemilihan Umum merupakan wadah bagi partisipasi aktif rakyat dalam menentukan wujud penyelenggaraan pemerintahan Republik Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945. Keikutsertaan rakyat Indonesia dalam Pemilu adalah hak, bukan kewajiban. Melalui sosialisasi Pemilu 2014 oleh PPLN HCMC, Acting Konjen mengharapkan warga Indonesia di HCMC dan Binh Duong memahami persiapan Pemilu dalam memfasilitasi hak pilih rakyat Indonesia, sehingga kelak akan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Acting Konjen memperkenalkan pula susunan pengurus dan Sekretariat PPLN HCMC serta petugas Pantarlih kepada masyarakat Indonesia yang hadir pada pertemuan tersebut, dan menegaskan agar PPLN dan Pantarlih bekerja keras dan saling berkoordinasi dengan menggunakan berbagai media untuk mensosialisasikan Pemilu kepada seluruh WNI yang tinggal di kerja KJRI HCMC.
Selanjutnya warga masyarakat Indonesia yang menjabat ketua PPLN HCMC untuk Pemilu 2014, Heru Muskita memaparkan gambaran umum Pemilu, tahapan penyelenggaraan Pemilu 2014 serta kegiatan terkini PPLN HCMC, yaitu sosialisasi dan pemutakhiran data pemilih. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa pada Pemilu 2009 untuk memilih Anggota DPR partisipasi warga Indonesia di luar negeri hanya sebesar 22,3%, pada Pemilu Presiden naik menjadi 32,06%.
Antusiasme warga Indonesia di HCMC dan sekitarnya untuk menggunakan hak pilih tercermin dari pertanyaan yang dilontarkan pada sesi tanya-jawab. Warga Indonesia di HCMC dan sekitarnya pada umumnya adalah tenaga kerja terampil yang mobilitasnya tinggi, sehingga mengharapkan suatu sistem yang memfasilitasi kondisi tersebut. Juga warga menginginkan untuk dapat mengetahui hasil perolehan suara Pemilu 2014 di HCMC.
Menanggapi pertanyaan dan keinginan masyarakat, Heru Muskita menyampaikan bahwa KPU telah mengakomodir kondisi mobilitas warga Indonesia dan memfasilitasi dengan aturan yang menjaga hak pilih warga Indonesia. Terkait hasil perolehan suara sekaligus untuk memastikan trasparansi, PPLN HCMC akan mengundang warga Indonesia untuk menjadi saksi penghitungan suara pada 9 April 2014 di KJRI HCMC.
Melengkapi sosialisasi persiapan Pemilu 2014 dan sebagai antisipasi terhadap kebutuhan warga Indonesia di provinsi Binh Duong, Fungsi Protkons HCMC membuka layanan konsuler. Ketersediaan waktu warga Indonesia dan lokasi yang jauh dari KJRI menjadi pertimbangan untuk senantiasa melengkapi dengan layanan konsuler pada berbagai acara yang dilakukan di provinsi sekitar HCMC.     
Sumber: KJRI HCMC





AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
UNAOC6ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANQuAs edisi 4BSBI 2014
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan