Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

ASEAN

 

KERJA SAMA EKSTERNAL ASEAN: Mitra Wicara, Organisasi Internasional, ASEAN+

Jumat, 20 Mar 2015

Dalam Deklarasi Bangkok tahun 1967disebutkan bahwa tujuan pembentukan ASEAN adalah mewujudkan perdamaian, kemajuan, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara. Lebih dari itu, ASEAN juga bertujuan untuk memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi kawasan dan internasional yang mempunyai kesamaan tujuan. Sesuai semangat tersebut, ASEAN telah menjalin hubungan dengan berbagai negara dan organisasi kerja sama kawasan di wilayah Asia, Pasifik, Amerika, dan Eropa.

Sejarah dan Latar Pembentukan ASEAN

Selasa, 17 Mar 2015

Pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, lima Wakil Negara/ Pemerintahan negara-negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia (Adam Malik), Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Malaysia (Tun Abdul Razak), Menteri Luar Negeri Filipina (Narciso Ramos), Menteri Luar Negeri Singapura (S. Rajaratnam), dan Menteri Luar Negeri Thailand (Thanat Khoman) menindaklanjuti Deklarasi Bersama dengan melakukan pertemuan dan penandatanganan Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration) atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration).

PEMBENTUKAN MASYARAKAT ASEAN 2015

Selasa, 17 Mar 2015

ASEAN telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan menuju pada tahapan baru yang lebih integratif dan berwawasan ke depan, yaitu Masyarakat ASEAN 2015 (ASEAN Community 2015). Masyarakat ASEAN bertujuan untuk menciptakan sebuah masyarakat yang berpandangan maju, hidup dalam lingkungan yang damai, stabil, dan makmur, yang dipersatukan oleh hubungan kemitraan secara dinamis serta menciptakan masyarakat yang saling peduli. Masyarakat ASEAN dibentuk untuk lebih mempererat integrasi ASEAN dalam menghadapi perkembangan konstelasi politik internasional. Untuk itu, pembentukan Masyarakat ASEAN 2015 dilandasi oleh tiga pilar, yaitu Pilar Politik-Keamanan, Pilar Ekonomi, dan Pilar Sosial Budaya.

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Selasa, 17 Mar 2015

Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC) dibentuk untuk mewujudkan integrasi ekonomi ASEAN, yakni tercapainya wilayah ASEAN yang aman dengan tingkat dinamika pembangunan yang lebih tinggi dan terintegrasi, pengentasan masyarakat ASEAN dari kemiskinan,serta pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kemakmuran yang merata dan berkelanjutan. Untuk itu MEA memiliki empat karakterisik utama, yaitu pasar tunggal dan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi, dan kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata, serta kawasan yang terintegrasi penuh dengan ekonomi global.

MASYARAKAT SOSIAL BUDAYA ASEAN

Selasa, 17 Mar 2015

Masyarakat Sosial Budaya ASEAN (ASEAN Socio-Cultural Community/ASCC) merupakan bagian dari tiga pilar penting yang saling terkait dan saling melengkapi dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN tahun 2015. Masyarakat Sosial Budaya ASEAN bersifat terbuka dan dinamis berdasarkan pendekatan yang berfokus pada masyarakat (people-centered approach). Masyarakat Sosial Budaya ASEAN mencakup kerja sama yang luas dan multisektor. Sebagai satu masyarakat sosial budaya, masyarakat ASEAN akan bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat.

MASYARAKAT POLITIK-KEAMANAN ASEAN

Selasa, 17 Mar 2015

Pembentukan Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (ASEAN Political-Security Community/APSC) ditujukan untuk mempercepat kerja sama politik dan keamanan di ASEAN dalam mewujudkan perdamaian di kawasan regional dan global. Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN bersifat terbuka, berdasarkan pada pendekatan keamanan yang komprehensif dan tidak ditujukan untuk membentuk suatu pakta pertahanan/aliansi militer ataupun kebijakan luar negeri bersama.

ASEAN Communication Master Plan

Selasa, 13 Jan 2015

The ASEAN Communication Master Plan (ACMP) provides the framework to communicate messages about the character, structure and overall vision of ASEAN and the ASEAN Community to key audiences including local communities of ASEAN Member States (AMS), women and children, youth, governments, businesses, Civil Society Organisations (CSOs), influencers, media and global audiences.

​ASEAN NOTIONAL CALENDAR 2015

Kamis, 11 Des 2014

NO DATE MEETING VENUE 1 27 – 28 January (Tuesday-Wednesday) ASEAN Foreign Ministers Retreat Kota Kinabalu 2 9 – 12 March (Monday-Thur...

ASEAN Centre Perkokoh Kerja Sama Kemitraan ASEAN

Jumat, 21 Feb 2014

Hubungan kerja sama kemitraan ASEAN dengan beberapa negara mitra wicara semakin diperkokoh dengan didirikannya ASEAN Centre sebagai bagian dari upaya pengembangan dan penguatan kerja sama kemitraan. Fokus utama ditujukan pada kerja sama bidang ekonomi, pendidikan dan budaya. Hingga kini, telah dibentuk 4 (empat) ASEAN Centre.

Kolokium Nasional Komunitas ASEAN 2015: Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN, Jakarta, 2-5 September 2013

Selasa, 27 Agust 2013

Negara anggota Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) semakin memperkuat komitmen dalam mewujudkan ketiga pilar dalam Komunitas ASEAN yaitu pilar Politik-Keamanan, pilar Ekonomi, dan pilar Sosial-Budaya. Dalam pilar Politik Keamanan, salah satu komitmen yang telah dilakukan adalah meningkatkan upaya pemajuan dan perlindungan HAM di ASEAN. Pemenuhan komitmen ini dilakukan melalui berbagai upaya, antara lain pembentukan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) serta pengesahan Deklarasi HAM ASEAN.

Kerja Sama Asean 2012: One Community, One Destiny Peran Dan Kepemimpinan Indonesia

Kamis, 28 Feb 2013

​Pada masa Keketuaan Indonesia untuk ASEAN di tahun 2011, Indonesia telah menghasilkan capaian-capaian utama di ketiga Pilar Komunitas ASEAN. Indonesia senantiasa memastikan implementasi dari keputusan dan kesepakatan yang telah dicapai di masa Keketuaannya, serta memastikan pelaksanaan tindak-lanjutnya. Upaya ini secara konsisten dilaksanakan di masa Keketuaan Kamboja untuk ASEAN di tahun 2012.

Kerjasama ASEAN dan Mitra Wicara

Jumat, 30 Mar 2012

1. ASEAN PLUS ONE A. ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Hubungan kerja sama ASEAN-RRT telah dimulai secara informal pada tahun 1991. RRT dikukuhkan menjadi mitra wicara penuh ASEAN pada ASEAN Ministerial Meeting ke-29 di Jakarta tahun 1996.

KTT ASIA TIMUR (EAST ASIA SUMMIT)

Senin, 26 Mar 2012

East Asia Summit (EAS) merupakan satu forum regionalisme terbuka yang muncul di kawasan Asia Timur sejak tahun 2005. Pada awal pembentukannya, terdapat 16 negara peserta EAS, yaitu 10 negara ASEAN, Australia, China, India, Jepang, Republik Korea dan Selandia Baru. Amerika Serikat dan Federasi Rusia resmi bergabung menjadi peserta EAS pada KTT ke-6 EAS di Bali, November 2011. Dengan demikian, jumlah negara peserta EAS sekarang menjadi 18.

Capaian Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2011

Senin, 26 Mar 2012

Sepanjang tahun 2011, berbagai inisiatif telah digulirkan untuk mendorong implementasi Cetak Biru Komunitas Politik-Keamanan ASEANguna mewujudkan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN.

Keketuaan Indonesia untuk ASEAN 2011

Rabu, 25 Mei 2011

Tema Keketuaan Indonesia untuk ASEAN di tahun 2011 ini adalah “ASEAN Community in a Global Community of Nations”. Tema ini mengusung keberhasilan pencapaian Komunitas ASEAN 2015. Dengan terbentuknya Komunitas ASEAN di tahun 2015, maka tanggung jawab ASEAN akan lebih besar lagi.

Tentang ASEAN

Sabtu, 05 Sep 2009

Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok oleh lima Negara Anggota, yaitu, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Brunei Darussalam bergabung pada tanggal 8 Januari 1984, Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar pada tanggal 23 Juli 1997, dan Kamboja pada tanggal 30 April 1999

Piagam ASEAN

Sabtu, 05 Sep 2009

Saat ini ASEAN telah memiliki “Piagam ASEAN” (ASEAN Charter) yang bertujuan untuk mentransformasikan ASEAN dari sebuah asosiasi politik yang longgar menjadi organisasi internasional yang memiliki dasar hukum yang kuat (legal personality), dengan aturan yang jelas, serta memiliki struktur organisasi yang efektif dan efisien.

Himne ASEAN

Kamis, 03 Sep 2009

"The ASEAN Way” adalah himne yang menjadi simbol Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Penciptanya adalah Payom Valaiphatchra, dan aransemen dibuat oleh Kittikhun Sodpraset...







AksesInvitesMajalah QuAsTabloid DiplomasiMUSEUM KONPERENSI ASIA AFRIKA
aacc2015Diplomasi EkonomippidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
ASEAN Selayang PandangPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluang
Buletin JendelaAyo Kita Kenal ASEANBSBI 2015Sambut dan Sukseskan Komunitas ASEAN 2015Hotline Perwakilan RI
LPSEStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Proses dan Tata CaraPerpustakaan Hukum Kementerian Luar NegeriExploring Africa
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan