Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Kisah Sukses

Paduan Suara UIN Syarif Hidayatullah Sabet Gelar Outstanding Performance di Viet Nam International Choir Competition

Senin, 24 Juni 2013

​Paduan Suara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil memenangkan Jury’s Special Prize for Outstanding Performance dalam 3rd Vietnam International Choir Competition (VICC) yang diselenggarakan di kota Hoi An (20-21/06). Kompetisi Paduan Suara yang merupakan bagian dari The 5th Quang Nam Heritage Festival 2013, diikuti oleh 16 paduan suara dari 6 negara, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan dan Taiwan.

Paduan Suara UIN Syarif Hidayatullah ambil bagian dalam kategori folklore dan berhasil menarik perhatian juri dan penonton dengan menyanyikan, Anging Mamiri, Tari Pasambahan dan memadukan suara dengan aksi teatrikal dalam Anoman Obong di babak penyisihan. Di babak final, PS UIN membawakan Jali-Jali dan Don Dap Dape.

Selain UIN Syarif Hidayatullah, tim paduan suara Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut adalah dari Universitas Paramadina Jakarta, Narawungngi Dasandriya UTY Yogyakarta, Sekolah Kristen Tri Tunggal Semarang, Paduan Suara Anak Batam, Voice of Soul Jakarta, dan PS Gema Aksi Weda Weda, Halmahera.

Pada kategori kategori mixed choir, Paduan Suara dari Narawungngi Dasandriya berhasil memenangkan Siver Diploma sementara PS Universitas Paramadina meriah Golden Diploma (level 1), penghargaan yang sama juga diberikan kepada paduan suara asal Amerika Serikat University of Louisville Cardinal Singers, yang kemudian meraih Hoi An Choir Prize sebagai juara umum kompetisi.

Tim Paduan Suara dari Batam dan Tri Tunggal berjaya di nomor children’s and youth’s choir sementara Voice of Soul dianugerahi Golden Diploma pada kategori sacred choir. Kategori folklore merupakan katogori dengan peserta terbanyak dengan 9 paduan suara.

Pada kategori tersebut Golden Diploma berhasil diraih oleh Tim Gema Aksi Weda (Golden Diploma level 1), Universitas Paramadina (level 3) dan PS UIN Syarif Hidayatullah (level 3).

Silver Diploma pada kategori folklore diraih oleh Narawungngi Dasandriya (level 7) serta perwakilan dari Australia Voice Weavers, (level 7) dan Taiwan Panan Choir (level 7).

Golden Diploma level 7 dimenangkan oleh wakil dari Korea Selatan, Ulsan Namgu Ladies Choir yang juga memenangkan female choirs category.

Paduan suara Indonesia yang tampil dengan pakaian tradisional beberapa suku di Indonesia antara lain dari Maluku dan  Jawa, memukau penonton yang hadir dan peserta lainnya. Salah satu peserta asal Australia mengatakan “Indonesia benar-benar negara yang yang kaya akan budaya karena dari ketujuh kelompok paduan suara yang tampil, semuanya menampilkan lagu dan pakaian tradisional yang berbeda satu dengan yang lainnya”. 

Pada penyelenggaraan Vietnam International Choir Competition yang pertama tahun 2011, Universitas Diponegoro menjadi juara umum dan memenangkan Hoi An Choir Prize. Hadir dalam acara tersebut beberapa pejabat pemerintah Vietnam antara lain Vice Chairman of People’s Committee of Quang Nam Province, Vice Director Ministry of Culture, Sports and Tourism Quang Nam Province serta pejabat pemerintah kota Hoi An.

Quang Nam Heritage Festival 2013 merupakan festival tahunan propinsi Quang Nam yang tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-5 dan berlangsung dari tanggal 20-26 Juni 2013.

Propinsi Quang Nam adalah satu-satunya propinsi di Vietnam yang memiliki pengakuan dari UNESCO untuk World Cultural Heritage Sites yakni kota tua Hoi An dan My Son sanctuary.

Selain kompetisi paduan suara internasional, berbagai event diselenggarakan dalam rangkaian Festival Quang Nam 2013 antara lain kontes Miss Ethnic Vietnam ke-3 serta pertunjukan seni dan pertukaran budaya dari berbagai negara khususnya negara-negara ASEAN.

Festival dibuka secara resmi pada tanggal 22 Juni 2013 dengan menampilkan budaya khas Hoi An dalam ”Hoi An Legend Night”, direncanakan sanggar tari Ayodya dari Indonesia akan tampil pada acara pembukaan tersebut. (Sumber: KBRI Hanoi/Ed.PY)






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
Komisi Pemilihan Umum ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANQuAs edisi 4BSBI 2014
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan